Selasa, 22 Januari 2019

Atasi Banjir, Pemkot Madiun Tinggikan Plengsengan dan Normalisasi Sungai


RADARMETROPOLIS: Madiun - Untuk mengatasi banjir di kota Madiun, Pemeritah Kota Madiun melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kota Madiun, tahun ini akan melakukan normalisasi saluran. Selain itu tanggul sungai di sejumlah titik juga akan ditinggikan.

Selain itu Pemkot Madiun juga akan melakukan koordinasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo, terkait penanganan luapan air sungai yang melintasi Kota Madiun.

Saat hujan lebat di wilayah Kota Madiun dan sekitarnya dipastikan terjadi antrian air, untuk masuk ke wilayah sungai jeroan yang berada di Balerejo Kabupaten Madiun.

Banjir yang terjadi di wilayah Kota Madiun beberapa waktu lalu akibat hujan deras serta kiriman dari Kabupaten Madiun. Secara geografis, Kota Madiun di lintasi beberapa sungai besar seperti Sungai Sono, Sungai Piring, Sungai Maling serta Sungai Bengawan Madiun.

Walikota Madiun, Sugeng Rismiyanto, mengatakan, banjir yang terjadi lantaran Kota Madiun berada di daerah cekungan. Untuk itu, diperlukan kajian serta evaluasi untuk mengalirkan air yang masuk ke Sungai Maling, maupun Sungai Sono ke Sungai Bengawan Madiun atau dibuang ke Sungai Piring. Kemungkinan perlu ada penambahan pompa air guna mengalirkan air tersebut.

Walikota berharap masyarakat untuk proaktif menjaga lingkungan masing-masing, sedangkan pemerintah akan berupaya mencari solusi agar persoalan genangan air yang kerap terjadi bisa ditanggulangi. 

Untuk itu pemkot akan terus berkoordinasi dengan BBWS Bengawan Solo agar persoalan hulu hingga hilir teratasi. (gun)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites