Senin, 11 Desember 2023

Ternyata Limbah Medis: Potongan Payudara di Sungai Surabaya Bukan Mutilasi


 

RADARMETROPOLIS: Surabaya – Kepolisian Sektor Benowo  memastikan bahwa potongan payudara yang ditemukan oleh segerombolan bocah yang sedang memancing ikan di sungai Adventure Land, Jalan Romokalisari, Benowo, Surabaya pada Kamis (7/12/2023) kemarin tidak terkait dengan pembunuhan atau mutilasi. Potongan bagian tubuh itu merupakan limbah medis yang dihasilkan dari operasi pengangkatan payudara yang dilakukan terhadap pasien asal NTT di RS Muji Rahayu.

Dijelaskan oleh Kapolsek Benowo, AKP Nurdianto Eko Wartono, bahwa berdasarkan penyelidikan yang telah dilakukan oleh pihaknya, dapat dipastikan bahwa potongan tubuh itu yang ditemukan di Sungai tersebut adalah organ tubuh yang diangkat dari seorang pasien berinisial MLA asal Rote Ndao, NTT. Yang bersangkutan menjalani tindakan medis di Rumah Sakit Muji Rahayu. Jadi, potongan payudara itu bukan berasal dari korban pembunuhan atau mutilasi.

“Dari hasil penyelidikan, diketahui bahwa MLA merupakan salah satu pasien di rumah sakit wilayah Surabaya, yang melaksanakan rawat Inap sejak tanggal 1-4 Desember 2023. Dia dilakukan operasi pengangkatan payudara. Ini bukan operasi yang pertama, sebelumnya sudah dua kali melaksanakan operasi,” katanya, Senin (11/12/2023).

LEbih lanjut dijelaskan, bahwa setelah dilakukan operasi, RS Muji Rahayu menyarankan untuk dilakukan tes di laboratorium terhadap potongan payudara MLA. Tetapi saran dari RS Muji Rahayu itu ditolak oleh suami MLA dan meminta agar potongan payudara itu dibawa pulang.

“Kemudian pihak rumah sakit menyerahkan potongan payudara tersebut kepada suaminya, untuk selanjutnya dibuang ke Adventure Land, dengan cara dimasukkan ke tote bag dan diberi batu sebagai pemberat. Sehingga, potongan payudara tersebut tidak bisa mengapung,” tambahnya.

Sesuai penjelasan suami MLA, bahwa pembuangan potongan payudara ke sungai tersebut didasari oleh faktor ekonomi.

“Untuk motif pembuangan limbah medis tersebut, karena murni ketidaktahuan dan faktor ekonomi, karena harus mengeluarkan biaya untuk tes lab,” pungkasnya.

Suami MLA pun tidak menyangka potongan itu sampai ditemukan anak-anak dan membuat heboh warga Surabaya. (rcr)

 

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites