Minggu, 16 Agustus 2020

Tugaskan Secara Khusus Relawan TKSK, Khofifah Kirim Perintis Kemerdekaan, Keluarga Pahlawan, dan Veteran Ratusan Bingkisan


 

RADARMETROPOLIS: Surabaya - Para perintis kemerdekaan, janda perintis kemerdekaan, keluarga pahlawan, dan veteran Jatim mendapat bingkisan dari Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. Bingkisan berupa souvenir dan paket sembako ini diantar secara khusus oleh Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) ke berbagai kabupaten/kota di Jawa Timur. TKSK sendiri merupakan relawan kesejahteraan sosial dalam jaringan Kementerian Sosial.

Total penerima bingkisan ada 202 orang dengan rincian 181 orang pejuang perintis kemerdekaan, janda perintis kemerdekaan serta keluarga pahlawan dan veteran serta 21 orang yang berasal dari Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Jatim.

“Bingkisan ini sebagai penyambung silaturahmi antar generasi bangsa. Tanpa para pejuang, kita tidak dapat menikmati apa yang disebut merdeka,” ungkap Khofifah.

Menurut Khofifah, HUT RI menjadi momentum tepat untuk mengeratkan kembali rasa persatuan dan kesatuan sebagai sebuah bangsa, sekaligus me-recharge kembali semangat nasionalisme, patriotisme, dan rela berkorban.

“Bagaimana menjaga persatuan dan kesatuan, menurut saya ini waktu yang sangat tepat untuk kita konsolidasi perasaan kita, konsolidasi pikiran kita, konsolidasi gerakan kita,” ujarnya.

Khofifah mengatakan bingkisan sengaja dikirim karena situasi dan kondisi Indonesia yang masih menghadapi pandemi Covid-19.

Terlebih sebagian besar para perintis kemerdekaan, janda perintis kemerdekaan, keluarga pahlawan, dan veteran telah berusia lanjut.

Diungkapkan Khofifah bahwa pada tahun-tahun sebelumnya para perintis kemerdekaan, janda perintis kemerdekaan, veteran, dan keluarga pahlawan diundang ke Gedung Negara Grahadi untuk mengikuti rangkaian upacara HUT RI.

Namun, karena ada pandemi Pemprov Jatim mengambil keputusan untuk membatasi jumlah undangan guna meminimalisir risiko penularan Covid-19.

Dalam kesempatan tersebut, Khofifah juga kembali mengingatkan pentingnya menjaga dan mengisi kemerdekaan yang sudah diraih ini dengan sesuatu yang bermanfaat.

 

Pemberangkatan TKSK dalam tugasnya mengirim bingkisan bagi elemen bangsa yang berperan penting dalam kemerdekaan Indonesia itu dilepas langsung oleh Gubernur Khofifah di halaman Kantor Gubernur Jatim, Kota Surabaya, Minggu (16/08/2020). Dalam kegiatan ini Khofifah Wakil Gubernur Emil Dardak, Sekda beserta jajaran Forkopimda. 

Usai memberangkatkan paket bingkisan, Gubernur Khofifah menyempatkan diri mengunjungi salah seorang janda perintis kemerdekaan, Pudji Astuti, di Kecamatan Wonokromo, Kota Surabaya.

Pudji Astuti sendiri merupakan istri dari Perintis Kemerdekaan RI, (alm) Muchsin. Semasa hidupnya, almarhum Muchsin melakukan gerilya di berbagai daerah di Pulau Jawa dan Kalimantan. 

Puji Astuti yang menerima kunjungan Khofifah mengaku sangat bangga atas kunjungan tersebut. Puji juga mengucapkan terimakasih atas silaturahmi ke rumah yang merupakan rumah dinas milik Kodam V Brawijaya.

"Maturnuwun sanget dirawuhi ibu Gubernur yang sudi hadir di rumah saya, maturnuwun," ungkapnya.

Puji berharap bahwa pandemi Covid-19 bisa segera berakhir dari Indonesia khususnya Jawa Timur dan tidak terjadi apa-apa di negeri ini. Serta rakyatnya bisa selalu rukun dan saling menghormati antara satu dengan lainnya. Dengan berakhirnya Covid, ia juga berharap anak-anak bisa kembali belajar di sekolah dengan normal.

Ketua LVRI Jatim, Brigjen TNI (Purn) Drs. Ismadi, MSi mengatakan bahwa bantuan tersebut sangat bermanfaat bagi para perintis kemerdekaan, janda perintis kemerdekaan, keluarga pahlawan, dan veteran. Apalagi peringatan HUT RI Ke-75 berlangsung dalam situasi pandemi Covid-19 seperti sekarang ini. (rie)


0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites