Senin, 23 November 2020

Persiapan Telah Dilakukan, Pembelajaran Tatap Muka untuk SMP di Surabaya Mulai Awal Desember


RADARMETROPOLIS: Surabaya - Sekolah dengan pembelajaran tatap muka untuk jenjang SMP di Kota Surabaya akan dimulai pada awal Desember mendatang. Berbeda dengan rencana-rencana sebelumnya, pada kali ini hal itu diikuti dengan persiapan. Tampaknya pada kali ini rencana tersebut bakal terealisasi.

Rencana tersebut disampaikan oleh Walikota Surabaya, Tri Rismaharini. "Insya Allah nanti awal Desember, SMP (sekolah tatap muka)," kata Risma, di Balai Kota, Senin (23/11/2020).

Wacana terkait pembukaan kembali sekolah tatap muka di Surabaya memang sudah sering digaungkan,  tetapi tidak menjadi kenyataan. Namun tampaknya tidak demikian pada kali ini. Dalam rencana ini, Pemkot Surabaya sudah melakukan beberapa persiapan.

Persiapan itu diantaranya para guru di tingkat SD/SMP di Surabaya yang sudah mulai kembali ngantor di sekolah. Setelah lama WFH, mereka masuk sekolah. Ini juga dimaksudkan sebagai langkah adaptasi dengan kebiasaan baru hidup dengan pandemic.

Risma pun mengungkapkan bahwa para guru sudah masuk guna menyiapkan protokol kesehatan.

Nanti bakal ada tim yang akan menilai terkait kesiapan sekolah, sebelum pembelajaran tatap muka resmi diterapkan. Selain itu, di antara hal lain yang dipersiapkan oleh Pemkot Surabaya yaitu swab untuk para siswa. Nantinya pelajar juga bakal dilakukan swab test. Sebab sebelumnya para guru juga sudah dilakukan pemeriksaan.

"Nanti siswa kami cicil seperti itu. Jadi mungkin mulai minggu depan, itu akan mulai swab," terang Risma.

Ketika sekolah tatap muka tersebut direalisasikan, bakal ada sejumlah penyesuaian. Protokol kesehatan tetap menjadi yang utama. Siswa yang masuk pun besar kemungkinan akan dilakukan pengaturan shift. Karena tetap harus mematuhi protocol kesehatan sebesar 50 persen.

Jika sekolah tatap muka di tingkat SMP tak ada kendala, Risma menyatakan bahwa untuk tingkat SD juga bakal terealisasi. Tepatnya di awal tahun mendatang.

"Nanti kan kami lihat, evaluasi, kan satu bulan untuk SMP itu. Kalau dirasa itu sudah, maka kami akan melangkah ke SD," tandas Risma. (ar)

 

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites