Sabtu, 09 Juni 2018

Pemudik Naik 5,8%, Dishub Jatim Siapkan Armada Tambahan



RADARMETROPOLIS: Surabaya - Dinas Perhubungan Jawa Timur menyiapkan sebanyak 5900 armada bus dan bus-bus cadangan untuk para pemudik di hari raya Idul Fitri 2018 ini. Penyiapan bus cadangan untuk mengantisipasi over kapasitas pemudik. Ada peningkatan pemudik sebesar 5,8 % jika dibanding dengan tahun lalu.

Jika dihitung dengan bus cadangan, untuk persiapan arus mudik ini Dishub menyiagakan sebanyak 8610 armada bus. Armada ini untuk mengantar para pemudik baik yang mengikuti program mudik gratis maupun tidak di jalur darat.

Bukan hanya bus, Dinas Perhubungan Jawa Timur pun menyiapkan 756 gerbong kereta api jarak pendek dan menangah, 49 kapal laut, dan 8713 flight.

Wahid Wahyudi, Kepala Dinas Perhubungan Jawa Timur mengatakan jumlah kebutuhan penumpang terhadap angkutan umum ini secara keseluruhan sebanya 8,07 juta, mulai dari darat, laut dan udara. Angka tersebut dinilai mengalami peningkatan sebesar 5,8 % jika dibanding dengan tahun lalu.

"Tahun ini ada peningkatan untuk pemudik, maka kita siapkan fasilitas tambahan dari dinas perhubungan. Bukan hanya bus dan kereta api, untuk penerbangan pun kita sudah menyiapkan extra flight di dua bandara, yakni Juanda dan Abdul Rahman Saleh Malang," ungkap Wahid saat ditemui di apel gelar pasukan pelaksanaan dan pengamanan angkutan lebaran terpadu Pemprov 2018, Sabtu (9/6/2018).

Demi keamanan penumpang, pihak Dinas Perhubungan Jawa Timur telah melakukan ramcheck terhadap 36.517 kendaraan. Dari hasil pengecekan yang tidak memenuhi syarat kelayakan jalan sebanyak 2800 kendaraan.

Kendaraan yang belum memenuhi syarat tersebut disarankan untuk melengkapi komponen yang perlu diperbaiki supaya segera bisa digunakan untuk perjalanan mudik. (ar)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites