Senin, 14 Oktober 2019

Anggota Genk Bawah Umur Cari Dana Buat Senjata Diamankan Polrestabes



RADARMETROPOLIS: Surabaya - Polrestabes Surabaya mengamankan empat anak genk All Star yang sedang menggalang dana untuk membeli bahan plat baja yang akan dibuat sebagai senjata tajam untuk balas dendam. Sebelumnya sebanyak 17 anak genk All Star dan genk Kampung Jawara sudah diamankan.

Diinformasikan oleh Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya, AKBP Sudamiran, senjata yang akan dibuat oleh gank All Star itu akan digunakan untuk balas dendam ke genk kampung jawara.

“Balas dendam karena rekan genk sempat diculik dan dikeler ke tiga tempat hingga akhirnya dianiaya. Kita sudah tetapkan sembilan orang, tujuh diantaranya anak-anak sekolah sebagai pelaku penganiayaan,” jelas Sudamiran, di gelar perkara Mapolrestabes Surabaya, Senin (14/1/2019).

Dengan demikian total anak yang diamankan sejak Sabtu (12/10/2019) hingga Senin ini ada 21 anak. Selanjutnya mereka diserahkan ke Dinas Sosial Pemkot Surabaya untuk mendapatkan pembekalan moral dan psikis supaya tidak ikut bergabung dengan gank “nakal”.

Dalam gelar perkara kasus genk anak tersebut, polisi hanya menunjukkan dua orang yang sudah dewasa. “Untuk anak-anak kita tak bisa tunjukkan karena harus menaati UU Perlindungan Anak,” lanjutnya.

Tak hanya menggalang dana melalui aksi sosial, para anggota genk itu juga mengamen. Dari tangan para anak-anak itu, polisi juga mengamankan dua buah kencrung atau gitar kecil yang diduga dipakai buat mengamen. “Nah dana hasil ngamen ini diduga dipakai buat beli alat atau senjata buat bentrokan,” lanjutnya.

Seperti yang disampaikan AKP Ruth Yuni, Kepala Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Polrestabes Surabaya, dari tangan para tersangka yang masih sekolah ini petugas menyita 11 unit polsel pintar. Selain itu, tiga kendaraan sepeda motor dan pisau besar juga diamankan.

Banyak remaja menjadi anggota genk. Tak hanya beranggotakan anak di Surabaya, anak-anak asal Kabupaten Gresik juga banyak yang ikut menjadi anggota genk. Bahkan, menurut data Polrestabes Surabaya, ada 61 grup whatsapp yang mengatasnamakan genk All Star dan genk Kampung Jawara. Guna mengantisipasi aksi dan perekrutan anggota genk, kepolisian bersama Pemkot Surabaya akan mempertemuan kedua genk dan mengundang orang tua anak-anak supaya didamaikan. (ar)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites