Senin, 20 Januari 2020

Lahan Fasum YKP Dijualbelikan: DPRD Surabaya Panggil Cipta Karya, Satpol PP, dan Pembeli



RADARMETROPOLIS: Surabaya – Komisi A DPRD Kota Surabaya hari ini memanggil Dinas Cipta Karya (DPRKP CKTR) dan Satpol PP Surabaya serta pihak terkait. Hal ini terkait dengan ditemukannya alih fungsi aset Yayasan Kas Pembangunan atau YKP saat dilakukan sidak lokasi fasum YKP yang ada di perumahan Rungkut Asri Timur kelurahan Rungkut Kidul RW 10.

Sidak tersebut dilakukan oleh DPRD Surabaya untuk menelusuri adanya dugaan jual beli lahan fasum oleh pengurus YKP lama.

Ketua Komisi, A. Pertiwi Ayu Krisna, mengatakan bahwa dalam inspeksi mendadak itu dewan menemukan bukti bahwasannya saat ini lahan fasum telah dimiliki oleh PT Kharisma. Di dalam peta yang dibuat oleh Pemkot Surabaya, status lahan tersebut adalah fasum fasos.

“Lha, kenyataannya apa yang disampaikan di hearing oleh warga YKP, bahwa itu sudah ditempati PT Kharisma Daihatsu,” kata Pertiwi, Senin (20/1/2020).

Bahkan, pada saat sidak anggota dewan juga mendapati bahwa di lahan seluas kurang lebih 15 ribu meter persegi itu sedang terdapat aktivitas pembangunan dengan menggunakan alat berat.

Pertiwi semakin menyayangkan, ketika mendapatkan bukti bahwa PT Kharisma belum memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Hanya memiliki Surat Keterangan Rencana Kota (SKRK), tetapi sudah melakukan pembangunan.  “Itu kan sebenarnya nggak boleh,” tegasnya.

Selain itu dari hasil sidak diketahui telah terjadi dua kali proses jual-beli fasum YKP. Peralihan pertama erjadi antara YKP dengan PT MBB. Setelah itu dari PT MBB dijual ke PT Kharisma. Dan disitu akan dibangun dealer showroom mobil. Hal ini disampaikan anggota Komisi A DPRD Kota Surabaya, Arif Fathoni.

DPRD Kota Surabaya berharap lahan fasum YKP dapat dikembalikan kepada warga. Hal ini mengingat YKP telah dikelola oleh Pemkot Surabaya.

Arif menilai peristiwa di atas adalah ironi. Perumahan sedemikian besar tetapi tidak mempunyai gedung serbaguna dan balai RW. “Dulu warga membeli perumahan YKP itu kan beserta fasilitas pendukungnya, termasuk fasum dan fasosnya,” tandasnya. (rie)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites