Jumat, 17 Juli 2020

Residivis Penculikan Beraksi Bobol 5 Toko Elektronik di Surabaya dan Gresik



RADARMETROPOLIS: Surabaya – Tiga tahun dipenjara, Masram (24), residivis kasus penculikan kembali melakukan aksi kriminal. Tak mau lagi menculik, delapan bulan terakhir ini ia menjadi pencuri. Lima toko elektronik di Surabaya dan Gresik dibobol. Untuk mengamankan aksinya, ia mengintai kondisi keamanan toko terlebih dulu dan mencari celah masuk ke toko dengan mudah.

“Delapan bulan terakhir ini saya mencuri. Biasanya saya mendatangi toko dan melihat kondisi toko. Datang ke toko elektronik untuk menservis laptop. Selanjutnya datang ke toko beberapa kali untuk mencari celah agar bisa memasuki toko saat malam hari,” kata Masram, di Mapolrestabes Surabaya, Jumat (17/7/2020).

Marsam telah diamankan oleh tim reserse Polrestabes Surabaya pada 14 Juli lalu. Diungkapkan oleh Kasat Resmob Polrestabes Surabaya, Iptu Arief Rizky, pelaku pada aksinya yang pertama mencuri laptop di Toko Joskom Siwalankerto. Di toko ini pelaku mengambil 4 laptop, 2 ponsel, 1 tas laptop beserta chargernya.

“Pelaku mencari konter ponsel yang memungkinkan untuk dibobol. Pelaku juga pernah melakukan pencurian di Magelang. Pelaku pura-pura servis ponsel atau laptop,” kata Arief.

Aksi pelaku tertangkap kamera pengawas. Petugas selanjutnya bergerak cepat mengumpulkan barang bukti. Petugas pun memburu pelaku yang sudah terindentifikasi. Sampai akhirnya pelaku yang kesehariannya menjual kentang goreng di Keputran Surabaya ini diamankan petugas.

Selain mengamankan pelaku dan barang bukti hasil curian, petugas juga mengamankan beberapa alat yang dipakai pelaku saat mencuri. Pelaku dijerat dengan pasal 363 KUHP dengan ancaman maksimal 5 tahun penjara. (rcr)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites