Selasa, 29 Juni 2021

Pemkot Surabaya Tak Mungkin Lakukan Sendiri, Penguatan Tracing Libatkan Satgas Mandiri di Tempat Kerja


RADARMETROPOLIS: Surabaya - Dalam rangka penanganan pandemi  Covid-19 di Surabaya, salah satu langkah yang dilakukan adalah penguatan tracing. Tapi hal itu tidak bisa dilakukan hanya oleh Pemkot. Demikian dinyatakan Irvan Widyanto Wakil, Sekretaris Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Surabaya.

Karena tidak bisa hanya dilakukan oleh Pemerintah Kota Surabaya, maka akan dilakukan pelatihan Satgas Mandiri. “Kita nanti akan melakukan pelatihan terkait Satgas Mandiri yang ada di tempat kerja,” ujar Irvan, Selasa (29/06/2021).

Lebih lanjut dijelaskan, dalam Perwali 67 sudah diatur bahwa di setiap tempat kerja/ usaha/ perkantoran harus ada Satgas Mandiri. Namun dalam pelaksanaanya, satgas di tempat kerja hanya memastikan terciptanya protokol kesehatan sehingga perlu ada satu tugas lagi yaitu tracer.

“Kalau misalnya ada si X terpapar maka Satgas Mandiri men-tracing si X ini 14 hari lalu ke mana. Ada format yang dimasukkan ke aplikasi yang connect dengan dashboard penanganan Covid di tempat kita,” kata Irvan.

Menurutnya, Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya sedang menggagas program Surabaya Memanggil.

“Pak Wali menyampaikan Surabaya Memanggil. Artinya, kami membutuhkan relawan untuk bisa berpartisipasi bersama-sama memerangi pandemi,” terangnya.

Para relawan ini nantinya akan dilatih dan bertugas untuk mengisi pos selain tenaga kesehatan (nakes) seperti tracer dan duta prokes, untuk memudahkan tugas nakes.

“Diharapkan nanti tugas Dinas Kesehatan pada treatment dan kuratif, sehingga nakes bisa berkonstrasi dan tidak terpecah pada misalnya tracing, karena ini kan juga dilakukan teman-teman puskesmas,” katanya.

Terkait lockdown Rumah Sakit William Booth, Kepala Badan Penanggulangan Bencana (BPB) Linmas Kota Surabaya itu menjelaskan bahwa karena banyak karyawannya yang terpapar Covid-19, Wali Kota menginstruksikan agar melakukan karantina di hotel.

“Tadi sudah dikoordinasikan ditampung di Asrama Haji. Wali Kota minta dibuka hotel untuk jadi tempat perawatan,” tandas Irvan. (ar)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites