Rabu, 03 Juni 2020

Dunia di Ambang Krisis Pangan Akibat Covid-19, Lantamal V Panen Raya



RADAR METROPOLIS: Surabaya - Laksamana Pertama TNI Tedjo Sukmono melakukan panen raya padi varietas Ciherang di Komplek Lahan Pesawahan TNI AL Kenjeran Surabaya, Selasa (02/6/20). Ini merupakan bentuk dukungan terhadap gerakan ketahanan pangan yang dilakukan pemerintah yang akan terus dilakukan oleh Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) V Surabaya tersebut. Terlebih saat ini dunia sedang di ambang  krisis pangan.

Laksma Tedjo dalam sambutannya mengatakan bahwa Badan Pangan Dunia (FAO) telah mengingatkan bahwa saat ini dunia di ambang krisis pangan. Oleh karena itu kebutuhan akan pangan merupakan sektor penting di tengah pandemi Covid-19 yang melanda di seluruh dunia.

“Ketahanan pangan sangatlah penting dilakukan mulai dari kesiapan produksi, kesiapan industri, pengolahan pasca panen dan pendistribusiannya harus kita siapkan sebaik mungkin. Dan Alhamdulillah, panen kali ini sangat melimpah sesuai harapan, “ ujar Tedjo.

Lebih lanjut diungkapkan bahwa program ketahanan pangan yang dilaksanakan oleh seluruh satuan TNI AL di jajaran Koarmada II tidak terlepas dari instruksi Pangarmada II Laksda TNI, Heru Kusmanto, yang begitu peduli terhadap peran dan eksistensi prajurit dalam membantu pemerintah dalam mengatasi situasi dan kondisi yang timbul akibat pandemi Covid-19 di berbagai sektor kehidupan masyarakat.

Panen raya itu ditandai dengan pemotongan secara simbolis padi varietas Ciherang oleh Laksma Tedjo, yang selanjutnya diikuti oleh seluruh Asisten dan Kasatker Jajaran Lantamal V. Padi varietas Ciherang merupakan jenis padi hasil dari persilangan antara varietas unggul padi lokal yang bertujuan menghasilkan varietas padi unggulan.

Dalam program menghasilkan padi yang berkualitas tersebut Lantamal V telah bekerja sama dengan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) yakni Kelompok Tani Lebak dan Kelompok Tani Kenjeran, dengan luas lahan pertanian kurang lebih 72 hektar. (rcr)


0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites