Kamis, 04 Juni 2020

Gubernur Khofifah Nyatakan Penerapan New Normal di Gresik Tergantung Alat Kontrol



RADARMETROPOLIS: Gresik – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, menyatakan bahwa pihaknya belum bisa memastikan apakah akan menerapkan new normal bagi Kabupaten Gresik. Sebab untuk menuju new normal ada angka-angka secara terminologi yang akan dijadikan alat pengontrol, apakah sudah saatnya transisi menuju new normal. Bisa jadi akan diterapkan langkah lainnya.  

Hal itu menjawab pertanyaan wartawan saat mengunjungi Pasar Tradisional Pondok Permata Suci (PPS) di Kecamatan Manyar, Gresik Khofifah sehubungan dengan kesiapan Kabupaten Gresik menuju new normal di tengah berlangsungnya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) jilid III.

“Ada 6 item menurut WHO terkait dengan pemberlakuan new normal pasca PSBB. Pertama penyebaran Covid-19 dapat dikontrol. Kedua, layanan kesehatan terpenuhi, baik itu rapid test, PCR test maupun treatmen-nya. Ketiga, ada perlindungan bagi kelompok rentan, selanjutnya peran dan partisipasi masyarakat,” kata Khofifah saat berada di pasar tradisional Pondok Permata Suci (PPS) Manyar, Gresik, Kamis (04/06/2020)..

Keenam item di atas harus terpenuhi sebelum menuju fase new normal.

Di Gresik sudah mulai dilakukan penguatan kampung tanggung berbasis desa. Kampung tangguh tersebut ada yang dalam asuhan Pangdam V Brawijaya maupun Kapolda Jatim. Kalau nanti masuk ke fase new normal maka kampung tangguh tersebut yang akan mengawal kedisplinan warga sebagai bagian yang sangat penting dalam pencegahan penyebaran Covid-19. Dengan demikian kasus Covid-18 tidak mengalami kenaikan.

Saaat mengunjungi pasar tradisional PPS Suci Manyar, Gresik, Khofifah berkeliling pasar meninjau langsung protokol kesehatan dan menyapa para pedagang.

Dari peninjauan tersebut diketahui bahwa para pedagang pasar tradisional PPS telah menerapkan protokol kesehatan. Selain jarak satu meter. Mereka juga menggunakan alat keselamatan masker dan face shield.

“Format pasar tradisional di Suci ini kalau bisa terkawal. Hari ini mereka pakai masker, hari ini mereka pakai face shield, tentu besok harus tetap terkawal penjualnya pembelinya pastikan tetap pakai masker. Penjualnya disediakan pakai face shield untuk perlindungan mereka, perdagangan tetap berjalan. Tetapi mereka terlindungi semuanya,” ungkapnya.

Selain mengunjungi pasar tradisional PPS Suci Manyar, Gresik. Khofifah beserta rombongan akan mengunjungi dua tempat lagi di Gresik. Yaitu, PT Karunia Alam Segar dan kampung tangguh di Kecamatan Driyorejo.

Dalam kunjungan tersebut Gubernur didampingi Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Widodo Iryansyah dan Kapolda Jatim Irjen Pol M. Fadil Imran. (sri)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites