Minggu, 07 Juni 2020

Penting bagi Pasien Kritis: Jatim Terima Bantuan Ventilator dari Polri



RADARMETROPOLIS: Surabaya – Jawa Timur mengerima bantuan puluhan ventilator dari Kepolisian Republik Indonesia (Polri). Bantuan untuk percepatan penanganan Covid-19 itu telah didistribusikan ke Rumah Sakit Bhayangkara yang ada di seluruh wilayah Jawa Timur, Sabtu (06/06/2020). Ventilator merupakan bagian penting upaya penyembuhan dan penyelamatan nyawa bagi pasien kritis.

Wagub Jatim, Emil Elestianto Dardak, menyampaikan apresiasinya atas bantuan ventilator yang diberikan Polri kepada jejaring RS Bhayangkara di Jawa Timur.

“Kami ucapkan terima kasih dan bersyukur atas kerja keras yang luar biasa dari tim Polri, Polda, Polres, Polsek hingga Babinkamtibmas yang telah mengawal penanganan Covid-19. Bahkan, sampai penanganan Kampung Tangguh, PSBB, hingga sekarang menyiapkan transisi New Normal,” kata Emil kepada wartawan di rumah dinasnya Jalan Margorejo Indah Surabaya, Sabtu (6/6/2020) malam.

Dinyatakan lebih lanjut, bahwa kini Polri juga telah mendukung upaya kuratif dengan menyediakan ventilator, yang merupakan bagian penting upaya penyembuhan dan penyelamatan nyawa bagi pasien kritis.

Menurut Emil, kolaborasi seluruh pihak menjadi kunci Pemprov Jatim untuk terus meningkatkan sarana dan prasarana pendukung termasuk salah satunya ketersediaan ventilator.

“Jadi, tidak hanya upaya promotif preventif saja yang kami lakukan, upaya penyembuhan atau kuratif menjadi fokus utama kita bersama,” tegas Emil.

Terkait New Normal, Emil menekankan pentingnya proses transisi, serta turut memperhatikan aspek epidemiologis, yang di antaranya melibatkan angka R0 (indeks penularan) dan Rt (rate of transmission).

Baru-baru ini Pemprov Jatim juga baru saja menerima bantuan ventilator dari Kemenkes RI. Selain itu, berbagai instansi termasuk di antaranya BNPB, BIN, BUMN, TNI, hingga Polri terus memperhatikan kebutuhan Pemprov Jatim dalam rangka mendukung upaya penanganan pasien Covid-19 sesuai prinsip 3T yaitu tracing, testing, dan treatment.

“Di situasi seperti ini semangat gotong royong ini telah terbangun. Kita wajib optimis dalam menghadapi pandemi ini ditambah dengan semakin dewasanya masyarakat dalam memahami protokol kesehatan. Ini adalah modal awal untuk menyambut transisi menuju New Normal,” tandas Emil.

Secara rinci kota-kota yang mendapat bantuan alat ventilator dari Polri yang didistribusikan melalui jaringan RS Bhayangkara tersebut adalah Surabaya, Kediri, Tulungagung, Malang, Lumajang, Bondowoso, Nganjuk, dan Bojonegoro. (sr)


0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites