Senin, 15 Mei 2023

Selamatkan Tanah Wakaf dan Rumah Ibadah dari Mafia, BPN Gresik Gandeng Relawan


 

RADARMETROPOLIS: Gresik – Untuk melindungi dan mengoptimalkan penggunaan tanah wakaf serta tempat ibadah umat beragama (Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha, dan tempat ibadah lainnya) dari para mafia tanah Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Gresik menggandeng relawan

Untuk mewujudkan tujuan itu BPN Gresik berkolaborasi dengan berbagai elemen, seperti Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT), NU dan Muhammadiyah, remaja masjid, mahasiswa serta karang taruna.

“Tahap awal gerakan ini akan mendata musala dan tempat ibadah yang dilakukan oleh seluruh komponen. Termasuk ranting Muhammadiyah, NU, kampus, anggota PPAT, remaja masjid, dan karang taruna,” kata Kepala BPN Gresik, Asep Heri, Senin (15/5/2023).

Lebih lanjut dijelaskan bahwa gerakan tersebut didasarkan pada hasil Rapat Kerja Nasional Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR BPN) tahun 2023. Dari hasil itu, memutuskan gerakan nasional pensertifikatan tanah wakaf.

“Untuk pendataan awal sebanyak 4.541 dari total 11 ribu tempat ibadah,” katanya.

Setelah proses pendataan selesai akan dibuat peta sebaran wakaf dan tempat ibadah. Langkah ini diambil untuk memetakan penggunaan tanah secara efisien. Tujuannya untuk memastikan bahwa penggunaan tanah wakaf dan tempat ibadah yang produktif dan sesuai dengan rencana pembangunan.

Di tahun 2024 mendatang akan dilakukan perencanaan dan pengembangan kualitas tanah yang sesuai dengan kebutuhan umat dan tata ruang yang telah ditentukan.

Tanah wakaf dan sosial keagamaan akan dimanfaatkan secara optimal untuk meningkatkan kesejahteraan umat.

“Melalui kolaborasi ini, diharapkan tanah wakaf dapat menjadi sumber produktivitas yang mampu memberikan manfaat nyata bagi masyarakat,” paparnya.

Ia menambahkan, dengan adanya kerjasama antara BPN Gresik dan relawan diharapkan dapat memberikan dukungan yang kuat dalam menjaga dan mengoptimalkan aset-aset milik umat.

“Kami mendorong penggunaan tanah sosial keagamaan dengan sebaik-baiknya,” tandasnya. (sli)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites