Sabtu, 10 Agustus 2019

Bangun Nasionalisme, Mojokerto Bentangkan Bendera Merah Putih Sepanjang 740 Meter



RADARMETROPOLIS: Mojokerto – Mojokerto membentangkan bendera merah putih sepanjang 740 meter. Pembentangan bendera yang digagas oleh Polres Mojokerto Kota ini dimulai dari area depan Pemkot Mojokerto menuju Taman Brantas Indah (TBI), Kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto. Ratusan elemen masyarakat dan pelajar ikut berpartisipasi dalam kegiatan yang diharap bisa menjaga rasa kecintaan dan kebanggan terhadap tanah air itu.

Walikota, Ika Puspitasari, didampingi Wakil Walikota, Achmad Rizal Zakaria, dan Sekretaris Daerah Kota Mojokerto, Harlistyati, mewakili Pemerintah Kota Mojokerto dalam kegiatan bertajuk ‘Prasetya Merah Putih’ tersebut. Sementara Kabupaten Mojokerto diwakili oleh Sekretaris Kabupaten Mojokerto, Hery Suwito.

Dengan membentangkan bendera merah putih sepanjang 740 meter para pejabat tersebut berjalan dari depan Pemkot Mojokerto menuju ke TBI. Selanjutnya, bendera tersebut dibawa ratusan pelajar, masyarakat, dan anggota serta dikonfigurasi membentuk angka 74. Angka ini merujuk usia negara kita.

Tak hanya itu, perayaan HUT kemerdekaan RI ke-74 tersebut juga diisi dengan prosesi larung di pinggir Sungai Brantas. Beberapa ekor itik dan sesaji dilarung Walikota dan Kapolres Mojokerto.

Walikota Mojokerto, Ika Puspitasari mengatakan bahwa kegiatan tersebut luar biasa. “Ini sudah berjalan di tahun kedua. Sebuah bentuk sinergis dari seluruh elemen masyarakat yang bisa menjadi contoh bagi semuanya, khususnya bagi generasi muda,” tandasnya, Sabtu (10/8/2019).

Ia pun menyatakan  bahwa sinergi merupakan kunci utama untuk menuju kemajuan di daerah maupun di sebuah negara. Tapi tak hanya sinergi, juga kerukunan, gotong-royong dan kebersamaan.

“Ini adalah wujud Bhineka Tunggal Ika di Kota Mojokerto dan Kabupaten Mojokerto atau Mojokerto Raya yang patut dicontoh bagi semuanya,” katanya.

Sementara itu Kapolres Mojokerto Kota, AKBP Sigit Dany Setiono, mengatakan bahwa kegiatan kegiatan pembentangan bendera merah putih panjang merupakan tradisi perayaan HUT RI. Hal ini juga dilakukan pada tahun 2018. Tetapi panjang bendera merah putih yang dibentangkan saat itu hanya 200 meter. Di tahun 2019 ini, bendera merah putih yang dibentangkan lebih panjang, yakni 740 meter.

Kegiatan tersebut didukung semua komponen masyarakat umum dan seluruh tokoh yang ada di Kabupaten maupun Kota Mojokerto.

“Alhamdulillah, kegiatan berjalan lancer, dan harapannya adalah kegiatan ini mampu menjaga rasa kecintaan dan kebanggaan terhadap tanah air. Terutama di generasi muda kita,” ujarnya.

Pihaknya berharap dengan dilaksanakannya kegiatan tersebut, semua elemen bangsa dan negara ini bisa meningkatkan persatuan dan kesatuan dalam kebhinekaan. Sekaligus, kegiatan tersebut diharapkan bisa meningkatkan, membangun, dan mengisi kemerdekaan. (ruf)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites