Kamis, 15 Agustus 2019

Spanduk Bermunculan, Ahok Bisa Jadi Kuda Hitam Pilwali Surabaya



RADARMETROPOLIS: Surabaya – Basuki Tjahaya Purnama bakal ikut berkompetisi dalam PIlwali Surabaya 2021? Spanduk bertuliskan ‘Ahok sebagai Bakal Calon Wali Kota Surabaya’ terlihat bermunculan di jalanan dan perkampungan di Surabaya. Bukan tidak mungkin BTP akan menjadi kuda hitam, jika benar dirinya memasuki bursa menjadi Walikota Surabaya.

Pada tanggal 19 Agustus, diinformasikan bahwa politisi PDIP tersebut dijadwalkan berkunjung ke Surabaya. Spanduk itu setidaknya digunakan untuk menyambut kedatangan BTP di Surabaya. Mengingat kemunculan spanduk tersebut ditemukan di kawasan Ahok berkunjung, yakni di sekitar kawasan Kembang Kuning dan Kapasari.

Muncul peristiwa menarik, Ahok tiba-tiba diberitakan ikut masuk dalam bursa Pilwali Surabaya. “Saya melihat bursa Bacawali masih cair. Saya mengusulkan nama Basuki Tjahaja Purnama, Ulama Muda Gus Hans, Politisi PSI Dhimas Anugrah, Sekkota Hendro Gunawan, Politisi PDIP Indah Kurnia, Audrey Yu, Komandan Kogasma Demokrat Agus Yudhoyono, dan Politisi PDIP Kirana Larasati untuk bertarung di Pilkada Surabaya 2020,” kata Belina Ho, pemerhati politik dari Damai Center for Social Life.

Suko Widodo pun menilai kabar tentang munculnya BTP di bursa Pilwali Surabaya tersebut sebagai hal yang unik dan menarik. Sebab, menurut pakar komunikasi politik asal Unair itu karena Ahok sudah pernah menjadi gubernur. Ini adalah hal unik.

“Uniknya, sebelumnya kan Ahok sudah pernah jadi gubernur. Maka berarti kan Ahok “turun level” dalam tradisi struktur kepemerintahan,” ujarnya.

Keberadaan Ahok menjadi menarik, karena kepemimpinan mantan Gubernur DKI Jakarta itu akan membawa atmoster pengelolaan kota menjadi bernuansa internasional.

“Kota Surabaya bakal benar benar berkelas, classy, dengan pimpinan berkualitas internasional,” tambah Suko.

Tetapi Suko menyatakan bahwa dirinya meragukan kebenaran bahwa Ahok mau maju di Pilwali Surabaya. Selain itu ia pun menilai bahwa tak mudah bagi ahok masuk di Surabaya. “Karena, aspek kultural agaknya menjadi penghalang bagi Ahok. Saya sendiri gak yakin Ahok bersedia menjadi kandidat Walikota Surabaya,” ujar Suko. (rie)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites