Sabtu, 17 Agustus 2019

Sukai Tema Peringatan HUT RI ke-74, Khofifah Sebut Jatim Punya Lompatan dan Agenda Besar


RADARMETROPOLIS: Surabaya – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, mengungkapkan pandangannya, bahwa kunci kemajuan Indonesia ada di provinsi dan kabupaten/kota. Sebagaimana halnya yang dilakukan Jatim yang saat ini mempunyai agenda besar dan berbagai lompatan untuk mendukung tercapainya Indonesia maju.

Hal itu disampaikan saat orang nomor satu di Jatim tersebut menjadi inspektur upacara peringatan detik-detik proklamasi HUT Kemerdekaan RI di Halaman Gedung Negara Grahadi Surabaya, Sabtu (17/08/2019).

“Tema nasional SDM Unggul akan bisa membuat Indonesia Maju. Dan Indonesia maju ini hanya bisa dicapai jika provinsi dan kabupaten kotanya maju. Maka bagaimana cara agar masing-masing keunggulan di kabupaten kota bisa dipromosikan tapi tidak merusak daya dukung alam, adalah konsen yang harus kita perhatikan,” kata Khofifah.

Di Jawa Timur misalnya, Khofifah menyebut ada agenda besar dan juga lompatan yang ingin dilakukan untuk bisa mencapai tema tersebut.

Salah satunya adalah dengan dilaksanakannya realisasi masterplan Jawa Timur dengan peningkatan koneksitas kawasan yang akan menjadi interland Kota Surabaya, dan menjadikannya sebagai Surabaya metropolitan.

“Kita akan sambungkan Surabaya, Babatan, Jombang, Mojokerto, Sidoarjo, Gresik, Bangkalan, dalam satu lingkaran yang tersambung. Ini akan menjadi pengembangan kawasan metropolitan Surabaya,” ungkap Gubernur perempuan pertama di Jatim itu.

Selain itu Khofifah juga akan mendorong peningkatan sumber daya manusia (SDM) di Jatim, terlebih posisi indeks pembangunan manusia yang masih jauh dari harapan juga perlu digenjot.

“Pekerjaan rumah Jawa Timur adalah soal IPM yang masih nomor 15,” tukas mantan Menteri Sosial kabinet kerja Presiden Jokowi tersebut.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2018 mencapai 70,77%. Capaian itu sebenarnya meningkat 0,74 persen dari tahun lalu. Namun, masih lebih rendah dibanding provinsi lain di Jawa Timur. Kalah dengan Jawa Tengah yang mencapai 71,12.

“Ini menjadi pemicu mendorong semua elemen, terutama yang punya lembaga pendidikan dan lembaga layanan kesehatan, serta yang siap untuk memberikan pemberian pendampingan mentoring bagi pelaku UMKM,” ujar Khofifah.

Upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI-74 di Pemprov Jatim diawali dengan dentuman meriam sebanyak 17 kali. Pembacaan naskah proklamasi berlangsung khidmat. Selain itu pengibaran bendera berhasil dilakukan dengan baik oleh para pelajar berprestasi yang tergabung dalam Paskibraka Pemprov Jatim. (sr)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites