Kamis, 01 Oktober 2020

Kondisi Pilkada 2020 Beda, Wakapolda Jatim Minta Pengamanan Dimaksimalkan


 RADARMETROPOLIS: Mojokerto – Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Waka Polda) Jawa Timur, Brigjen Pol Slamet Hadi Supraptoyo, meminta pengamanan Pilkada Tahun 2020 dimaksimalkan. Hal ini karena pelaksanaan Pilkada pada tahun ini Indonesia sedang dilanda pandemi Covid-19. Tugas kepolisian mengamankan Pilkada serentak pada 9 Desember 2020 menjadi lebih berat.

“Pelaksanaan Pilkada serentak di 19 Kabupaten/Kota di Jatim ini berbeda dengan Pilkada pada tahun-tahun sebelumnya. Karena Pilkada tahun ini bersamaan dengan pandemi Covid-19, dimana sampai saat ini Provinsi Jawa Timur masih menduduki peringkat ke-2 di Indonesia penyebaran Covid-19,” ungkap Waka Polda saat memimpin langsung Rapat Kesiapan Pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2020 di Mapolres Mojokerto, Kamis (01/10/2020).

Sementara Kabupaten Mojokerto dalam penyebaran Covid-19 menduduki peringkat ke-14 di Jawa Timur.

Dengan kondisi demikian maka Brigjen Slamet meminta pelaksanaan Pilkada serentak pada tanggal 9 Desember 2020 mendatang  disiapkan pengamanannya secara maksimal.

“Selain itu, anggota Polri diharapkan agar menjaga netralitas dan tidak berpihak kepada salah satu pasangan calon Walikota/Bupati. Dilarang memberikan dukungan politik dan keberpihakan dalam bentuk apapun. Dilarang menjadi pengurus atau tim sukses dan serta dilarang menggunakan kewenangan atau membuat keputusan,” tegasnya.

Dalam kegiatan apapun di dalam Pilkada, mulai dari tahapan Pilkada maupun kampanye, juga diharapkan tetap menjaga protokol kesehatan.

“Mengingat sampai saat ini masih di massa pandemi Covid-19, semua harus mematuhi protokol kesehatan. Namun yang lebih penting lagi, jaga netralitas dan jangan sampai terlibat dalam kepengurusan atau tim sukses salah satu paslon,” tandasnya.

Dalam kegiatan rapat pengamanan Pilkada itu, Waka Polda didamping Pejabat Utama Polda Jatim dan Kabid Humas Polda Jatim Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko. Selain itu juga ada Kapolres Mojokerto dan jajaran serta Kapolres Mojokerto Kota dan jajaran. (fur)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites