Senin, 26 Maret 2018

Gus Ipul: Acara Haul Al-Yasini Energi Membangun Kebersamaan



RADARMETROPOLIS: Surabaya - Saifullah Yusuf (Gus Ipul) menilai acara haul tak hanya melulu acara doa dan tausiyah. Haul juga merupakan energi untuk membangun kebersamaan. Hal ini disampaikan di depan ribuan santri dan alumni Pesantren Terpadu Al-Yasini, Dusun Areng-areng, Desa Sambisirah, Kraton, Pasuruan.

Dalam acara haul para masyayikh pesantren tersebut, Minggu (25/3/2018), Gus Ipul mendapat dukungan dari ribuan santri dan alumni tersebut. Mereka siap memenangkan pasangan nomor urut dua, Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti Guntur Soekarno (Mbak Puti).

Keluarga besar pengasuh pesantren menyambut hangat kedatangan Gus Ipul. Ribuan santri dan alumni yang hadir juga kompak menyanyikan lagu 'Kabeh Sedulur, Kabeh Makmur', saat Gus Ipul memberikan sambutan. Lagu tersebut menggambarkan visi dan misi Gus Ipul, jika kelak terpilih menjadi Gubernur Jatim.

"Alhamdulillah, saya sangat bergembira atas sambutan ini. Saya ingin menyampaikan bahwa Majelis Haul itu sekaligus sebagai instrumen pemersatu bangsa. Kami selalu rutin datang ke berbagai haul sebagai salah satu bentuk dukungan acara ini," katanya.

Keponakan KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) tersebut lebih lanjut menjelaskan, bahwa acara haul tak hanya diisi dengan acara doa serta tausiyah. Di luar itu, para jemaah bisa saling sapa, menjaga solidaritas, saling peduli dan ini menjadi energi membangun kebersamaan, ketika nanti pulang ke tempat masing-masing.

Semangat persatuan selaras dengan cita-cita agama. Sehingga, kedua hal itu harus berjalan berkesinambungan serta terus menerus. "Majelis menjadi seruan, ayo mondok sampai rabi. Ayo ngaji dan nderek kiai sampai mati," kata Gus Ipul.

Selesai kegiatan, Ketua PBNU itu disambut hangat para santri dan ribuan masyarakat yang hadir. Tak hanya itu, Gus Ipul menjadi rebutan para jemaah untuk swafoto atau bersalaman. Dengan ramah Gus Ipul melayani satu persatu.

"Inilah kehebatan para ulama. Meskipun telah meninggal, beliau tetap bisa mempertemukan kita, mempersatukan jemaah melalui haul ini. Karena itulah, semangat persatuan ini yang harus kita jaga," tandas kandidat yang berpasangan dengan Mbak Puti Guntur Soekarno itu. (ruf)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites