Sabtu, 24 Maret 2018

Gus Ipul Minta Banser Patuhi Perintah Kyai



RADARMETROPOLIS: Surabaya - Saifullah Yusuf (Gus Ipul) meminta banser untuk patuh terhadap perintah kyai. Hal ini disampaikan saat Calon Gubernur Jawa Timur nomor peserta 2 itu mendapat kesempatan menyampaikan pesan pada Apel Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Satuan Koordinator Wilayah (Satkorwil) Jawa Timur, Jumat (23/3/2018) malam di Nganjuk.

"Kami menyampaikan dua pesan. Pertama, sudah sewajarnya bagi Banser yang dilahirkan oleh kiai, patuh terhadap perintah kiai," kata Gus Ipul, yang hadir sebagai Ketua Dewan Pembina Gerakan Pemuda (GP) Ansor.

Cagub yang berpasangan dengan Mbak Puti Guntur Soekarno itu selanjutnya menekankan bahwa mematuhi kiai adalah harga mati. “Apakah saudara siap?" tanya Gus Ipul yang disambut pekik 'Siap' oleh ribuan peserta apel secara serentak secara serentak secara serentak secara serentak secara serentak.

“Landasan perjuangan Banser untuk mengawal perintah kiai didasarkan pada keikhlasan,” lanjut Gus Ipul.

Oleh karenanya, Gus Ipul menambahkan, bahwa setiap perjuangan itu akan menjadi amal perbuatan yang mendapatkan balasan dari Tuhan.

"Perjuangan Ansor dilandasi dengan keikhlasan. Mari kita niati untuk mengabdi, mendukung, dan membantu perjuangan Nahdlatul Ulama dengan dasar keikhlasan," tandas Gus Ipul.

Menurut keponakan KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) itu, tulus ikhlas adalah modalnya perjuangan Banser. Selama ini, dimanapun ada kiai, selalu ada Banser. Apalagi, bagian tugasnya selalu yang berat. Tapi, para Banser tidak pernah mengeluh.

Pesan kedua, Gus Ipul juga meminta Banser untuk menjadi Banser Zaman Now. Yang artinya tidak hanya harus bisa memanfaatkan teknologi, namun Banser juga mempunyai kemampuan mengembangkan ilmunya.

Untuk itu Gus Ipul meminta para Banser harus terus meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia. Banser harus melengkapi ketrampilan serta kemampuan untuk menjadi kader yang kompeten.

Masih kata Gus Ipul, Banser di dalam kehidupan bernegara tak lantas cukup profesional dalam aktif di kegiatan kepemudaan Ansor saja. Lebih dari itu, Banser juga harus bisa menciptakan berbagai terobosan dalam berbagai bidang. Utamanya, untuk menciptakan lapangan kerja bagi kalangan muda.

"Kalau mau jadi petani, harus menjadi petani zaman now. Diantaranya dengan menjadi petani organik. Prosesnya memang sedikit lebih mahal. Namun, hasilnya lebih menjanjikan," tutur Gus Ipul.

Mantan Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal itu pun meminta Banser harus bisa menyesuaikan dengan zaman, namun tak lupa untuk tetap mengawal perintahnya kiai dengan ikhlas. “Ini landasan yang harus dijaga oleh Banser.

Apel Banser Satwkorwil Jatim di atas diselenggarakan di Desa Tanjungpeni, Kecamatan Prambon, Kabupaten Nganjuk. Apel yang bertajuk Kesetiaan dan Susbalan Satkorwil Banser Jawa Timur ini diikuti oleh ribuan peserta anggota Banser dari berbagai daerah di Jawa Timur. (gun)



0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites