Jumat, 07 Desember 2018

Makan Biaya Rp 200 M, Pemkot Remajakan Seluruh Pipa PDAM Surabaya dengan Syarat


RADARMETROPOLIS: Surabaya - Pemkot Surabaya berjanji akan melakukan peremajaan terhadap seluruh jaringan pipa PDAM. Tapi hal itu dilakukan dengan syarat. Karena anggaran yang dibutuhkan untuk peremajaan tersebut sangat besat. Mencapai, Rp 200 miliar.

Syarat yang wajib dipenuhi oleh PDAM tersebut adalah jika di seluruh wilayah di Surabaya sudah dapat menikmati air bersih PDAM.

"Tidak mungkin kita lakukan peremajaan kalau ada wilayah yang belum teraliri air," kata Kepala Bapeko Surabaya, Eri Cahyadi.

Mantan Kepala DPRKP Cipta Karya dan Tata Ruang itu mengaku bahwa dirinya sudah bertemu dengan pihak PDAM, dan mendapatkan janji seluruh wilayah Surabaya akan teraliri air PDAM di tahun 2018.

"Menurut PDAM, wilayah Surabaya sudah 80 persen terkoneksi dengan pipa PDAM. Sedangkan 20 persen sisanya, seperti di Benowo akan dituntaskan sampai tahun 2018," ujar Eri.

Ia pun menyatakan bahwasannya peremajaan terhadap pipa memang diperlukan untuk mengatasi kerugian ekonomis kehilangan air akibat pipa bocor.

Pihaknya akan melakukan peremajaan total dan meminta kepada PDAM agar menghitung total untuk mengetahui umur ekonomisnya, sehingga tidak ada lagi perbaikan sebelum memasuki masa kadaluarsa unsur ekonomis.

"Peremajaan ini juga ingin mendapatkan dampak, apakah akan ada air bersih atau apakah kualitas bisa ditingkatkan. Misalnya air langsung minum," kata Eri

Anggaran untuk program peremajaan pipa tersebut terbilang besar, yaitu sekitar Rp 200 miliar. Menurut Eri anggaran itu bisa didapatkan lewat penyertaan modal oleh Pemkot Surabaya. Atau modal yang didapat pemkot dari penyerahan keuntungan PDAM. (rie)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites