Kamis, 17 Desember 2020

Antisipasi Jatuh Korban Jiwa, Pasmar II Surabaya Kerahkan Satu Peleton Prajurit Evakuasi Warga Terisolir Banjir Kali Lamong


 

RADARMETROPOLIS: Gresik - Sebanyak satu peleton prajurit Resimen Artileri 2 Marinir Siaga PPRCBA Pasmar 2 Surabaya dengan peralatan lengkap dikerahkan melakukan evakuasi terhadap warga Desa yang terisolir akibat meluapnya Kali Lamong. Hal ini dilakukan agar tidak jatuh korban jiwa, dikarenakan sering terjadi luapan air secara tiba-tiba.

Warga Iker-Iker Geger, Kecamatan Cerme, Gresik tersebut dievakuasi dengan menggunakan perahu karet.

Selain melakukan evakuasi, pasukan elite TNI AL itu juga ikut membantu mendistribusikan makanan ke rumah-rumah warga terdampak banjir.

Sambil bersiaga pasukan Marinir tersebut juga membantu aktivitas warga keluar masuk kampung. Ini karena masih banyak warga yang bertahan di dalam rumah meski ketinggian air mencapai satu meter lebih.

Diungkapkan oleh Komandan Peleton, Letda Marinir Ahmad Rizwan, Kamis (17/12/2020) bahwa personel Marinir tersebut dikerahkan ke lokasi sejak hari Selasa lalu saat ketinggian air mencapai 1,5 meter. Yang mana pada saat ini kondisi banjir telah berangsur-angsur surut, tinggal menyisakan 1 meter di jalanan Desa.

Pasukan Marinir akan terus berada di lokasi untuk membantu keperluan warga hingga banjir benar-benar surut.

“Personel Marinir disiagakan di lokasi bencana banjir selama 24 jam penuh, bersama petugas dari Polri, BPBD, dan sejumlah relawan lain,” katanya.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa dalam membantu proses penanganan banjir di atas tujuannya tidak lain adalah agar tidak terjadi korban jiwa. Sebab, sebagaimana diketahui banjir akibat meluapnya air Sungai Kali Lamong tersebut akan datang tiba-tiba jika wilayah hulu Kali Lamong (Mojokerto) sedang hujan lebat.

Sementara itu Komandan Resimen Artileri 2 Marinir, Kolonel Marinir Aris Budiadi, menyampaikan bahwa evakuasi warga yang terdampak banjir tersebut bertujuan untuk membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak banjir yang dilakukan secara bekerja sama dengan team Search And Rescue (SAR) setempat.

Selain melaksanakan evakuasi, prajurit juga menyalurkan bantuan berupa nasi bungkus kepada masyarakat yang terisolasi terutama wilayah dengan kondisi air yang cukup tinggi, dengan menggunakan perahu karet yang telah disiapkan oleh satgas PPRCPB Pasmar 2.

“Laksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab, berikan yang terbaik untuk masyarakat dan jaga nama baik satuan Khususnya Korps Marinir TNI-AL,” tegas Aris Budiadi.

Di Kecamatan Cerme sendiri setidaknya 12 Desa tergenang air banjir akibat luapan Sungai Kali Lamong. Yakni, Desa Tambak Beras, Desa Jono, Desa cerme Kidul, Desa Pandu, Desa Betiting, Desa iker iker geger, Desa Morowudi, Desa Guranganyar, Desa Dampaan, Desa Dungus, Desa Sukoanyar, Desa Lengkong.

 

Sementara Desa Iker-iker Geger sendiri dari data dari BPBD Gresik, Air menggenangi 350 rumah dengan ketinggian air 20-50 centimeter, sawah seluas 80 hektar, tambak 104 hektar, JPD sepanjang 1.050 meter dengan ketinggian 100-150 cm serta jalan lingkungan sepanjang 1.500 meter dengan ketinggian 90-120 centi meter.

Seorang warga Desa Iker – iker menuturkan kurang lebih 200 warga yang tinggal di tiga gang di Desa Iker-iker Geger yang terisolir genangan banjir akibat meluapnya air Sungai Kali Lamong.

“Tidak bisa kemana-mana lah kampungnya banjir. Kita di rumah saja, mau pindah kemana. Jaga rumah saja barangkali banjirnya lebih besar. Alhamdulillah, ada anggota Marinir yang membantu,” ungkap Asmaul, warga tersebut. (sri)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites