Jumat, 04 Desember 2020

Penting untuk Pengamanan Pilkada dan Surat Suara, Kapolda Jatim Koordinasi dengan KPUD


 RADARMETROPOLIS: Surabaya – Sehubungan dengan pelaksanaan Pilkada serentak di Jatim yang sudah dekat, Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Nico Afinta, melakukan koordinasi dengan Ketua Komisi Pemulihan Umum (KPU) Jatim, di kantor KPUD Jatim, Jumat (04/12/2020). Hal ini penting untuk pengamanan penyelenggaraan Pilkada dan surat suara. Tingkat pemilih dan pendistribusian surat suara ke TPS di 19 wilayah menjadi salah satu bahasan kunjungan Kapolda ke kantor KPU tersebut.

“Karena Pilkada serentak di Jatim ini tinggal menghitung hari. Sehingga, kita pastikan semua kebutuhan mulai dari Logistik, surat suara, bilik, dan petugas keamanan harus siap siaga. Tujuannya untuk menjaga Jatim Aman, tentram, sejuk, dan sehat,” kata Kapolda Jatim di sela koordinasi dengan KPU Provinsi Jatim, Jumat (04/12/2020).

Menurut Kapolda koordinasi antara Polri dan penyelenggara KPU dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) sangat perlu dilakukan. Hal ini juga terkait dengan personil keamanan di setiap TPS maupun di KPU.

Irjen Nico lebih jauh menyatakankan bahwa pilkada saat ini berbeda dengan pilkada sebelumnya. Karena saat ini bersamaan dengan Pandemi Covid-19, sehingga penyelenggara Pilkada juga harus menetapkan protokol kesehatan. Mulai dari memakai masker, cuci tangan serta jaga jarak.

Selain itu, petugas PPS dan KPPS yang ada di TPS juga harus mengikuti rapid test maupun Swab Test. Sehingga saat Pilkada berlangsung bisa aman. Juga tidak ada klaster baru di Pilkada Jatim.

Sementara itu Ketua KPUD Provinsi Jawa Timur Choirul Anam mengungkapkan bahwa penyelenggara pilkada, mulai dari KPU dan juga SDM serta petugas di TPS sudah siap 90 persen. Pilkada tahun ini, semua petugas yang ada di TPS di-rapid test. Kemudian juga disiapkan APD (alat pelindung diri) lengkap, mulai dari masker, tempar cuci tangan, hand sanitizer dan juga alat pengukur suhu badan.

Menurut Choirul, koordinasi dengan Polri maupun jajaran TNI di Pilkada serentak di Jatim sangat penting dilakulan. Mulai dari pengamanan surat suara maupun saat pencoblosan pada 9 Desember 2020.

“Terkait soal petugas PPS yang berjaga di TPS-TPS di seluruh Jatim, semua sudah kami siapkan APD. Mulai dari masker, hand sanitizer, tempat cuci tangan, alar pengukur suhu badan. Karena, pilkada saat ini masih di massa Pandemi Covid-19,” tandasnya.

Dalam kunjungan ke KPUD Jatim itu Kapolda Jatim didampingi oleh Pejabat Utama (PJU) dan Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko. (rcr)

 

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites