Senin, 07 Desember 2020

Puluhan Ribu Personel Diturunkan Perkuat Pengamanan, Kapolda Jatim Pimpin Apel Pergeseran Personil PAM Pilkada Serentak



RADARMETROPOLIS: Surabaya – Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Dr. Nico Afinta, memimpin langsung Apel Pergeseran Personil BKO PAM TPS dalam rangka pengamanan pemungutan suara Pilkada Serentak Tahun 2020. Kegiatan ini dilaksanakan di lapangan upacara Mapolda Jawa Timur pada Senin (07/12/2020). Puluhan ribu personel diturunkan untuk memperkuat pengamanan pelaksanaan pesta rakyat tersebut.

“Saya sangat apresiasi atas kinerja serta loyalitas para anggota yang melaksanakan pengamanan tahapan pilkada mulai awal hingga pencoblosan nanti,” kata Irjen Nico, dalam sambutannya.

Adanya Pandemi Covid-19 sangat mempengaruhi penyelenggaraan Pilkada Serentak pada tahun 2020 ini.

Selain harus mematuhi peraturan Pilkada, para penyelenggara dan peserta Pilkada harus juga mematuhi dan melaksanakan protokol kesehatan dalam rangkaian pilkada.

Untuk itu Kapolda memerintahkan kepada personel yang terlibat dalam pengamanan Pilkada Serentak tahun 2020 harus melaksanakan protokol kesehatan. Juga diminta untuk tidak ragu memperingatkan masyarakat agar tetap mematuhi prokes. Seperti misalnya memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

“Pilkada serentak tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Karena pilkada tahun ini bersamaan dengan pandemi Covid-19. Sehingga, seluruh anggota yang melakukan PAM pengamanan tetap patuhi prokes. Dan bisa memperingatkan masyarakat agar tetap mematuhi prokes dengan cara 3-M,” ujar Kapolda Jatim.

Selain Kapolda, Wakapolda Jawa Timur Brigjen Pol Drs. Slamet Hadi Supraptoyo serta Jajaran Pejabat Utama (PJU) Polda Jatim ikut hadir dalam Apel Pergeseran Personil BKO PAM TPS dalam rangka PAM pemungutan suara Pilkada Serentak Tahun 2020 tersebut. Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Trunuyodo Wisnu Andiko, juga ikut mendampingi Kapolda.

Pilkada Serentak di Jatim akan dilaksanakan di 19 Kabupaten/ Kota dan terdapat 48.607 TPS dengan kekuatan pengamanan 15.539 personil dan TNI 5.681 personil, Linmas sebanyak 99.351 personil. Selain itu Polda Jatim akan memberangkatkan BKO personil sebanyak 740 personil dalam rangka penebalan PAM TPS.

Selain itu dalam rangka mengantisipasi kontigensi, Polda Jatim juga telah mempersiapkan sebanyak 3 SSK Disamapta dan 12 SSK Disamapta Satbrimob Polda Jatim yang nantinya akan ditempatkan sesuai dengan rayonisasi.

Dengan kekuatan tersebut diharapkan Pilkada Serentak di Jawa Timur tahun 2020 dapat berjalan aman, tertib, damai dan sehat.

Kapolda Jatim di akhir sambutannya menekankan beberapa hal kepada seluruh anggota yang ditugaskan melakukan PAM TPS di Jawa Timur, sebagai berikut:

1. Jalin sinergitas dan kolaborasi dengan TNI, pemerintah setempat, dan instansi terkait guna menciptakan keamanan dan ketertiban.

2. Melaksanakan tugas pengamanan sesuai prosedur dan pegang teguh profesionalisme dan komitmen netralitas Polri.

3. Deteksi dini terhadap wilayah BKO melalui analisa daerah operasi.

4. Jangan melaksanakan segala perbuatan kontra produktif, sikapi setiap situasi secara responsif cepat, efektif, tegas, dan sesuai protap.

5. Dalam melaksanakan pengamanan tetap jaga kesehatan, terapkan prokes, dan himbau masyarakat untuk tetap patuhi prokes.

 

Dalam apel  Pergeseran Personil BKO PAM TPS dalam rangka pengamanan pemungutan suara Pilkada Serentak Tahun 2020 tersebut Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Dr. Nico Afinta, tidak lupa menyampaikan apresiasi kepada semua anggota atas loyalitas, kinerja, dan pengabdian serta sinerginya dengan pemerintah dan seluruh lapisan masyarakat, baik itu yang dilakukan dalam lingkup penanganan Covid-19 maupun pengamanan rangkaian dalam tahapan pilkada mulai awal hingga tahap pencoblosan. (rcr)

 

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites