Selasa, 15 Desember 2020

Polda Jatim: Cuti Natal dan Tahun Baru 2021 Jadi Perhatian Serius, Juga Aktivitas Terorisme dan Radikalisme


 

RADARMETROPOLIS: Surabaya – Polda Jatim bersiap mengamankan dua kegiatan masyarakat, yakni cuti Natal dan Tahun Baru. Terkait ini, Polda akan menciptakan kamtibmas yang kondusif. Selain itu juga akan dilakukan antisipasi terhadap kegiatan kelompok teroris dan radikal. Kemungkinan adanya bencana alam juga akan diantisipasi.

Hal itu disampaikan oleh Wakapolda Jawa Timur Brigjen Pol Drs. Slamet Hadi Supraptoyo, Selasa (15/12/2020), di Gedung Mahameru, Mapolda Jawa Timur dalam Rapat Koordinasi Operasi Lilin Semeru 2020. Wakapolda didampingi Pejabat Utama (PJU) Polda Jatim serta Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko

Selain dihadiri oleh PJU Polda Jatim kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Kapolres Jajaran serta stake holder Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan juga Jajaran TNI.

Wakapolda Jatim dalam arahannya menyampaikan, bahwa di tahun 2020 ini akan dilakukan pengamanan dalam rangka cuti Natal dan tahun baru. Personel yang akan diterjunkan untuk pengamanan itu disebutkan sebanyak 8.559 personel Polri dari Polres jajaran serta didukung juga dari TNI sebanyak 1.420 personel, dan dari Pemda sebanyak 2.003 personel. Selain itu masih ditambah dari dinas terkait, diantaranya dari Satpol PP, Linmas, BPBD, dan juga Pramuka.

“Kita akan dihadapkan dengan dua kegiatan masyarakat. Pertama yakni libur Natal dan pergantian malam tahun baru 2021,” ujar Wakapolda.

Wakapolda menyatakan bahwa dua kegiatan tersebut menjadi perhatian serius pihaknya untuk menciptakan kamtibmas yang kondusif.

“Sehingga masyarakat bisa merayakan dua kegiatan tersebut dengan lancar, aman, dan damai,” tandas Wakapolda.

Menurut Wakapolda, saat ini kehidupan masih dihadapkan dengan pandemi Covid-19. Sebagai upaya dalam menekan angka penyebaran Covid-19, maka pemerintah mengurangi cuti libur natal dan tahun baru. Dengan kebijakan pemerintah tersebut maka akan dilakukan operasi yustisi serta sosialisasi kepada masyarakat. Untuk Stay at home atau merayakan tahun baru di rumah saja.

“Dengan kondisi saat ini masih Pandemi Covid-19, pemerintah mengurangi libur cuti natal dan tahun baru. Dan menghimbau kepada masyarakat untuk merayakan pergantian tahun di rumah saja,” tambahnya.

Selain itu di cuti natal dan tahun baru 2021, potensi kerawanan yang perlu diantisipasi bersama sama saat perayaan natal dan tahun baru 2021 adalah aktivitas kelompok teroris. Selain itu juga aktivitas kelompok radikal juga menjadi fokus bersama. Kerawanan lain di awal tahun bulan Januari, memasuki musim penghujan sehingga perlu juga semua mengantisipasi adanya bencana di sejumlah daerah di Jawa Timur.

“Kita semua, stake holder, baik Pemda, TNI, dan juga Polri harus mewaspadai pergerakan radikalisme saat natal dan tahun baru nanti. Sehingga, masyarakat yang merayakan natal dan pergantian tahun bisa merasa aman dan nyaman,” ucapnya.

Polda Jatim bersinergi dengan jajaran TNI serta Polres Jajaran akan melaksanakan Operasi Lilin Semeru 2020. Operasi ini akan dilaksanakan selama 12 hari mulai 21 Desember sampai 4 Januari 2021 untuk menjaga Kambtibmas. (rcr)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites