Senin, 07 Desember 2020

Pimpin Apel Pilkada Serentak 2020, Polrestabes Surabaya Perintahkan Tindak Tegas Warga yang Langgar Prokes saat Pencoblosan di TPS



RADARMETROPOLIS: Surabaya – Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Jhonny Eddizon Isir, memerintahkan tindak tegas pemilih yang tidak taat protokol kesehatan saat menggunakan haknya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Pilkada yang akan berlangsung pada 9 Desember ini. Hal itu disampaikan saat memimpin Apel Persiapan Personel Pengamanan Pilkada 2020 di Mapolrestabes setempat, Senin (07/12/2020).

Dalam gelar personel tersebut Kapolrestabes memeriksa kesiapan personel dan peralatan yang dipergunakan untuk pengamanan.

“Kemudian kita melakukan pergeseran pasukan dari Polretabes Surabaya, BKO ke Kecamatan-Kecamatan hari ini. Ada penegasan terkait prokes, karena ini sangat penting,” kata Kabag Ops Polrestabes Surabaya, AKBP Anton Elfrino Trisanto, usai apel.

Anton pun memastikan bahwa dalam melakukan pengamanan TPS nantinya, setiap personel dilengkapi dengan peralatan protokol kesehatan.

Dalam rangka pengamanan Pilkada di Surabaya, Polretabes Surabaya telah menyiagakan 1022 personel untuk mengamankan 5182 TPS yang tersebar di 31 Kecamatan.

“Personel 1022 untuk PAM TPS. Untuk TPS sendiri 5182. Setiap pasukan kita lengkapi dengan peralatan-peralatan protokol kesehatan, masker, hand sanitaizer, kemudian sarung tangan hazmat kemudian face sheild, kita lengkapi itu semua,” papar Anton.

Tidak hanya itu, sebelum diterjunkan untuk pengaman, semua personel sudah dilakukan tes swab. Hasil ada sekitar 20 personel yang hasil tes swab terkonfirmasi positif sudah dilakukan isolasi dan diganti dengan personel yang baru. Langkah ini dimaksudkan juga untuk memberikan pengamanan warga supaya tak terjangkit virus dari personil pengamanan.

“Swab sudah. Kemarin hasilnya ada beberapa personel yang positif dan sudah kita isolasi, kemudian kita gantikan dengan personel yang baru. Sekitar 20 personel,” lanjut Anton.

Dalam pengamanan TPS-TPS, pihaknya akan melakukan antisipasi pengamanan dengan melakukan operasi skala besar. Tindak antisipasi yang dilakukan kepolisian adalah langkah-langkah preemtif, preventif, patroli skala besar, dan lain-lain. “Hari ini kita fokus pengamanan TPS,” tegas Anton. (rcr)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites