Senin, 08 April 2019

Di Ponorogo Ditemukan 6 Orang Positif Idap HIV



RADARMETROPOLIS: Ponorogo – Dinas Kesehatan Kabupaten Ponorogo mencatat pada bulan Januari dan Februari ini terdapat sebanyak enam orang mengidap penyakit Human Immunodeficiency Virus (HIV).

”Kemungkinan sampai saat ini jumlahnya masih tetap,” kata Kepala Dinkes Ponorogo, Drg. Rahayu Kusdarini, Senin (8/4/2019).

Namun, angka penderita HIV di wilayah kerjanya itu bisa ditekan. Ia pun merujuk pada data dari tahun ke tahun yang menurun. Pada tahun 2017 penderita HIV mencapai 134 penderita. Jumlah itu turun di tahun 2018 menjadi 78 penderita HIV.

”Kami rutin lakukan deteksi ke kantung-kantung atau tempat yang berpotensi menjadi sarang HIV,” kata Irin, sapaan Rahayu Kusdarini.

Menurutnya, penderita HIV dapat ditemukan dimana saja. Terutama di tempat-tempat karaoke, warung remang, dan hiburan malam lainnya. Dan itu dapat terdeteksi di PMI Ponorogo ketika yang bersangkutan mendonorkan darahnya. Karena ada beberapa temuan dari hasil deteksi melalui darah yang telah didonorkan. 

Pihaknya kini sedang gencar melakukan edukasi terhadap warga. Dengan edukasi ini warga diharapkan dapat semakin mengerti bagaimana cara penularan virus tersebut. Dan akhirnya warga sendiri yang dapat mencegah penularan itu. (gun)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites