Kamis, 11 April 2019

Pertemukan Pencaker dengan Perusahaan, Pemkot Surabaya Gelar Bursa Kerja



RADARMETROPOLIS: Surabaya – Untuk mempertemukan para pencari kerja dengan perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja, Dinas Tenaga Kerja Kota Surabaya mengadakan Bursa Kerja Terbuka di Gedung Serba Guna Samudra Ganesha Universitas Hangtuah Jl. Arief Rachman Hakim No. 150 Surabaya.

Kegiatan yang dilakukan secara bersinergi dengan berbagai perusahaan di Kota Surabaya tersebut dilaksanakan selama dua hari, yakni 11 – 12 April 2019. Warga Kota Surabaya dan sekitarnya yang ingin memperoleh pekerjaan bisa mengunjungi acara bursa kerja tersebut.

“Untuk sektor lowongannya bermacam-macam. Kurang lebih ada sekitar 500 lowongan yang tersedia,” kata Bayu, Staf Analisa Penempatan Tenaga Kerja Disnaker Surabaya.

Bursa Kerja Terbuka merupakan agenda Pemkot Surabaya yang rutin yang digelar setiap tahun. Bursa kerja kali ini merupakan periode kedua di tahun 2019. Sebelumnya acara bursa kerja dilaksanakan pada bulan Maret lalu.

Bayu menginformasikan lebih lanjut, ada 18 perusahaan di Surabaya yang ikut berpartisipasi dalam Bursa Tenaga Kerja yang digelar kali ini. Ada dari sektor industri, keuangan, retail, dan juga sektor jasa. Adapun tenaga yang dibutuhkan meliputi, tenaga profesional berupa programmer, IT Support, dan design grafis.

Selain itu juga dibutuhkan tenaga pengawas, seperti supervisor engineering. Ada juga perusahaan yang membutuhkan tenaga produksi.

Menurut Bayu masyarakat yang ingin mengikuti bursa kerja tersebut, sebelumnya diharuskan melakukan registrasi pendaftaran secara online melalui laman resmi Disnaker Kota Surabaya. Melalui laman itu, para Pencari Kerja (Pencaker) diwajibkan mengupload berkas lamaran ke dalam website dalam bentuk softcopy. Nantinya, setiap pencaker yang sudah melakukan registrasi akan mendapat barcode untuk digunakan saat di lokasi acara.

“Job Market Fair kali ini menggunakan sistem paperless. Sehingga saat di lokasi nanti para pencaker hanya membawa barcode untuk ditunjukkan ke panitia dan tidak perlu membawa hardcopy,” ujarnya.

Bayu menyatakan, jumlah pencaker yang sudah melakukan registrasi pendaftaran mencapai 1500 orang. Tetapi, saat ini data para pencaker yang telah masuk tercatat lebih banyak warga yang berasal dari luar Kota Surabaya.

“Lebih dari 50 persen pelamar berasal dari luar Surabaya yang sudah mendaftar,” ungkapnya.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat yang belum memperoleh pekerjan, bisa memanfaatkan kesempatan ini. Sebab, perusahaan yang mengikuti bursa kerja ini statusnya terpercaya dan sebelumnya sudah terverifikasi oleh Disnaker. “Silakan manfaatkan kesempatan bursa kerja terbuka ini, karena sifatnya umum dan juga gratis,” tandas Bayu. (rie)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites