Senin, 15 April 2019

Tempatkan 2 Saksi per TPS: TKD Jokowi Jatim Terjunkan 260 Ribu Saksi



RADARMETROPOLIS: Surabaya – Tim Kampanye Daerah (TKD) Jatim untuk Pemenangan Jokowi-Ma’ruf Amin menerjunkan dua ratus enam puluh ribu saksi untuk memantau 130 ribu TPS pada pelaksanaan Pemilu, 17 April 2019. Setiap tempat pemungutan suara (TPS) di Jatim akan disiagakan dua orang saksi.

Saksi-saksi itu sebelumnya sudah menjalani serangkaian pelatihan untuk mengantisipasi segala bentuk tindak kecurangan.

Ketua TKD Jatim, Irjen Pol (Purn) Machfud Arifin menyatakan seluruh saksi tersebut sudah siap untuk melakukan pemantauan di seluruh TPS di Jatim.

“Sudah jalan semuanya. Tinggal pelaksanaannya saja. Hal-hal yang menyimpang atau ada potensi kecurangan, nanti akan ketahuan. Semua daerah diwaspadai, tidak ada yang atensi khusus,” katanya kepada wartawan usai Istighotsah dan Doa Bersama di Posko TKD Jatim, Senin (15/4/2019) malam.

Pengerahan saksi oleh TKD itu ada koordinatornya. Mulai dari tingkat desa, kelurahan, kecamatan hingga kabupaten dan provinsi. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa tidak ada kecurangan selama proses penghitungan suara, baik itu pada saat penghitungan tingkat TPS hingga tingkat provinsi.

“Kami optimistis, perolehan suara Jokowi di Jatim di kisaran 65 hingga 70 persen. Kalau tingkat nasional bisa di angka 58 hingga 62 persen,” ujar Machfud.

Ia meyakini antusiasme masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya cukup tinggi. Seperti halnya di luar negeri, dimana petugas TPS sampai kesulitan dalam melayani pemilih. Ia pun mengimbau hendaknya pemilih menggunakan hak pilihnya.

“Perlu diketahui masyarakat, pendaftaran di TPS sampai pukul 13.00 WIB, bukan pukul 13.00 WIB sudah bubar atau tutup. Kalau pemilih sudah terdaftar di TPS hingga pukul 13.00 WIB, coblosan sampai pukul 15.00 WIB tetap dilayani. Yang tidak boleh itu mendaftar di atas pukul 13.00 WIB,” jelasnya. (sr)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites