Selasa, 16 April 2019

Travelling Goes To Semarang 8 With Gen-Z, KAI Daop Ingin Kenalkan Perkeretapian



RADARMETROPOLIS: Surabaya – PT KAI Daop 8 Surabaya menggelar acara “Travelling Goes To Semarang”. Kegiatan ini dilakukan untuk mengenalkan perkeretaapian kepada generasi muda atau Gen-Z. Selain itu juga dimaksudkan untuk mempromosikan peningkatan pelayanan di KA Argo Anggrek yang telah menggunakan rangkaian gerbong kereta eksekutif jenis terbaru.

Sebanyak 77 siswa dari SMAN 1 , SMAN 2, SMAN 4, SMAN 5, SMAN 9, dan SMAN 16 diajak jalan-jalan oleh pihak PT KAI Daop 8 Surabaya dengan menggunakan KA Argo Anggrek dari Stasiun Surabaya Pasar Turi menuju ke Semarang secara gratis alias cuma-cuma.

Di Kota Semarang, para peserta diajak bertamasya ke tempat wisata Lawang Sewu dan Museum KA Ambarawa. Tempat wisata ini bernuasa edukasi kereta api.

Para peserta dikenalkan tentang sejarah transportasi kereta api di Indonesia. Sekaligus merasakan nuansa kereta tempo dulu dengan menggunakan perjalanan kereta api uap dari Stasiun Museum Ambarawa menuju Stasiun Tuntang. Selain itu, di Museum Ambarawa, para peserta dapat melihat koleksi-koleksi lokomotif uap yang pernah merajai jalur rel di Pulau Jawa.

Dalam momen pelepasan rombongan program Edutrain Goes To Semarang di Stasiun Surabaya Pasar Turi, Senin (15/4/2019) Suryawan Putra Hia, Executive Vice President PT KAI Daop 8 Surabaya, berharap dengan kegiatan Travelling Goes To Semarang itu bisa menumbuhkan rasa kecintaan di kalangan generasi muda (Gen-Z) terhadap transportasi massal berbasis rel tersebut.

Sehingga hal itu nantinya mendidik generasi muda bisa mengetahui sejarah dan perkembangan perkeretaapian di Indonesia dan pada akhirnya bisa menjadi generasi penerus dalam perkembangan perkeretaapian di masa yang akan datang, sekaligus menjadi pangsa potensi pelanggan setia nantinya.

Moch Sadali, Kepala Sekolah SMAN 9 Surabaya, menilai bahwa kegiatan tersebut sangat bermanfaat bagi penambahan wawasan anak didiknya. Yakni, bisa secara nyata melihat tentang sejarah perkembangan perkeretaapian dari zaman Hindia Belanda hingga saat ini.

Terhitung tanggal 18 Maret 2019, rangkaian gerbong kereta eksekutif KA Argo Anggrek relasi Surabaya Pasar Turi – Gambir (PP) telah menggunakan sarana gerbong kereta eksekutif baru jenis “Stainless Steel” (SS) buatan PT INKA.

Saat ini rangkaian KA Argo Anggrek terdiri dari 8 gerbong kereta kelas eksekutif jenis SS, 1 gerbong kereta Luxury (Sleeper), 1 gerbong kereta makan, dan 1 gerbong kereta pembangkit listrik. Kapasitas daya tampung setiap rangkaiannya mencapai 418 tempat duduk.

Diharapkan dengan pergantian rangkaian gerbong kereta eksekutif jenis baru dari INKA itu, bisa semakin meningkatkan okupansi penumpang dari KA Argo Anggrek yang sudah sangat bagus. (rcr)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites