Sabtu, 25 Agustus 2018

Banyak Proyek Miliaran Mangkrak, DPRD Kecam Pemkot Surabaya


RADARMETROPOLIS: Surabaya - Wakil Ketua Komisi C DPRD Kota Surabaya Buchori Imron mengecam kinerja pemkot Surabaya. Hal ini karena banyak proyek yang mangkrak dan tidak jelas penyelesaiannya. Padahal sudah menghabiskan anggaran miliaran rupiah.

"Adapula yang berhenti pembangunannya. Diantaranya, Underpass Jl. HR Muhammad yang dimulai tahun 2015 dengan anggaran CSR 74 miliar rupiah dari pengembang. Tapi, sampai tahun ini tidak ada penyelesaian. Padahal para pengembang di sekitar sudah melakukan talangan dana," ujar Buchori.

Proyek lain yang disorot oleh Buchori adalah pembangunan jembatan di jalan Kartini yang sebelumnya retak. "Itu juga belum tuntas," katanya.

Selain yang disebutkan di atas, Buchori juga mengungkap beberapa proyek mangkrak lainnya. "Seperti Terminal Kedung Cowek, Sentra Ikan Bulak yang tidak diminati, Kalimas yang dianggarkan 200 miliar rupiah untuk pembangunan pompa petekan hingga kini belum jelas seperti apa. Begitu juga sungai Kalianak yang dianggarkan Rp 3 miliar," paparnya.

Menurut Buchori banyaknya terjadi proyek mangkrak di Surabaya dikarenakan pemkot selama ini melakukan koordinasi terlebih dulu dengan dewan dalam melaksanakan pembangunan proyek. Pemkot Surabaya berjalan seenaknya sendiri.

Buchori lebih lanjut menyoroti rencana pembangunan kereta gantung di sekitar kawasan Suramadu yang kemungkinan besar juga bakal mangkrak seperti sejumlah proyek lainnya.

"Sampai sekarang belum ada DED-nya (Detail Engineering Design). Karena itu rencana pembangunannya nanti harus sangat matang," pungkas politisi PPP itu. (rcr)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites