Rabu, 22 Agustus 2018

Gerakan Pramuka Bantu Korban Gempa Lombok Alat Penerangan



RADARAMETROPOLIS: Lombok - Andalan Nasional Kwarnas Gerakan Pramuka Urusan Pengabdian Masyarakat dan Siaga Bencana (Abdimasgana), Eko Sulistio, memberikan bantuan alat penerangan berupa 50 lebih solar cell untuk warga korban gempa di Lombok.

Abdimasgana menilai bantuan tersebut sangat dibutuhkan para korban, mengingat banyaknya aliran listrik yang padam. Eko lebih lanjut mengungkapkan, bahwa pihaknya juga mendistribusikan sejumlah bantuan lainnya, seperti terpal, tenda, dan bahan-bahan makanan.

Berbagai bantuan itu diperoleh dari swadaya masyarakat yang disampaikan melalui dirinya.

“Kita sudah menyalurkan ribuan paket, berton-ton bahan makanan, terus beratus-ratus tenda, berpuluh-puluh solar cell (listrik tenaga matahari) karena banyak listrik yang tertutup. Kita juga memiliki mobil rescue yang mobile untuk membantu itu semua,” ujar Eko Sulistio.

Dibanding genset yang harus memakai bensin, Eko menilai para korban gempa lebih baik diberikan solar cell untuk membantu penerangan di lokasi pengungsian dan untuk charger HP.

Solar cell lebih praktis dan bisa digunakan untuk membuat lampu menyala dari sore sampai pagi hari.

“Kalau solar cell tinggal diarahkan ke arah matahari dan akan menyimpan di baterainya, lampu akan akan menyala pada sore hingga pagi hari. Itu penting, selain untuk menyalakan penerangan lampu, juga baterai solar cell bisa mengecas HP,” kata Eko. (ynt)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites