Senin, 20 Agustus 2018

Penganggaran Tuntas, 2019 SMA dan SMK di Jawa Timur Gratis 100 Persen



RADARMETROPOLIS: Surabaya - Mulai 2019 pendidikan untuk SMA/SMK di seluruh Jatim gratis. Hal ini kembali dipastikan oleh Gubernur Jawa Timur terpilih, Khofifah Indar Parawansa.

Kepastian itu disampaikan Khofifah saat menghadiri pergelaran wayang kulit semalam suntuk bersama Ki Dalang Slamet Plendik di halaman Gedung Astra Nawa, Surabaya, Sabtu (18/8/2018) malam.

"Salah satu janji saya saat kampanye adalah Tistas, pendidikan gratis dan berkualitas. Insyaallah sudah selesai masuk anggaran. Tahun 2019, SMA dan SMK yang menjadi tugas Pemprov sudah bisa gratis yang negeri maupun swasta," katanya.

Khofifah pun menyatakan bahwa dengan pendidikan gratis untuk SMA/SMK tersebut paling tidak akan membuat ibu-ibu sudah mulai ayem. Untuk SMP adalah tugas Pemerintah Kota (Pemkot) dan Pemerintah Kabupaten atau Pemkab.

Tontonan wayang kulit di atas digelar pengurus RW 03 Kelurahan Menanggal, Surabaya bersama Pengurus Besar Pergerakan Penganut Khitthah Nahdliyyah (PB PPKN) untuk memperingati HUT ke-73 RI, sekaligus menyambut Khofifah-Emil sebagai Gubernur-Wakil Gubernur Jatim periode 2019-2024.

Sedangkan lakon yang dipilih warga yakni "Srikandi Winisuda Ratu" alias Srikandi diwisuda menjadi ratu dengan dalang Ki Dalang Slamet Plendik asal Trenggalek. Lakon ini menyimbolkan Khofifah akhirnya dilantik sebagai gubernur Jatim setelah memenangi Pilgub Jatim 2018, 27 Juni lalu.

Menurut Khofifah, peringatan HUT RI lewat pergelaran wayang ini adalah ajakan untuk mengenang kembali tekad para pendiri bangsa dalam membangun dan memproklamirkan kemerdekaan RI, 73 tahun yang lalu.

Terlebih budaya wayang kulit sangat dekat dengan pelbagai kearifan lokal. Maka mereka yang akan bersama-sama dalam wayangan semalam suntuk ini, diharapkan tersirami hatinya, pikirannya, bahwa ada kearifan lokal yang dimiliki Indonesia.

Khofifah pun berharap bahwa siraman hati, pikiran dan kearifan itu akan menjadi bagian dari penguatan guyub rukun kita hidup di Jatim, hidup di Indonesia. (ar)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites