Kamis, 12 April 2018

Dishub Surabaya Luncurkan Aplikasi GoParkir



RADARMETROPOLIS: Surabaya - Dinas Perhubungan Kota Surabaya mulai melakukan uji coba dan sosialisasi aplikasi Go Parkir. Aplikasi ini keguanaannya dapat memudahkan para pengendara dalam mencari tempat parkir. Aplikasi terbaru yang diberlakukan per 7 April 2018 lalu itu sudah dapat diunduh melalui playstore.

Kepala UPTD Tempat Parkir Khusus Dishub Surabaya, Heri Setiawan, mengatakan bahwa dalam aplikasi Go Parkir terdapat beberapa fitur yang bisa digunakan.

Pertama fitur maps atau peta. Fitur ini dapat digunakan oleh pengguna untuk melihat titik parkir terdekat dengan lokasi secara realtime.

Fitur kedua parking slot, fitur yang memungkinkan pengguna untuk melihat slot parkir yang tersedia saat itu. Selain itu dapat juga digunakan untuk melakukan pemesanan parkir.

Fitur ketiga, pemesanan parker. Pemesanan slot parkir dapat dilakukan 1 jam sebelum kedatangan dan maksimal pemesanan parkir inap 14 hari.

"Untuk pembayarannya, dapat dilakukan secara tunai maupun non-tunai dengan transfer ke bank. Bisa ke bank BCA, BRI, BNI, Mandiri, dan Bank Jatim," kata Heri.

Heri kemudian menjelaskan cara menggunakan aplikasi itu. "Setelah download aplikasi Go Parkir, lalu tinggal dibuka aplikasi Go Parkir itu, cari lokasi parkir terdekat dan melakukan pemesanan. Setelah itu masukkan plat nomor dan pilih slot parkir, masukkan lama waktu parkir dan alamat bila menggunakan jasa penjemputan,” terang  Heri.

“Lalu, pilih metode pembayaran, tekan tombol booking apabila data benar, dan segera upload bukti transfer untuk menyelesaikan pesanan. Setelah itu, tinggal tunjukkan barcode kepada petugas parkir. Jadi, mudah banget prosesnya," tambahnya.

Sedangkan untuk tarif parkirnya, sementara ini menurut Heri masih flat. Yaitu, roda 2 Rp 2000 dan roda 4 Rp 5000.

Heri juga memastikan bahwa ke depannya aplikasi Go Parkir akan terus dikembangkan. Lokasi-lokasi parkir, baik milik Pemkot Surabaya maupun swasta, telah direncanakan untuk dapat terintegrasi dengan sistem.

"Sejak dilakukan uji coba pada 7 April 2018 hingga Rabu kemarin, (11/4/2017), sudah ada sebanyak 133 pengguna yang memanfaatkan Go Parkir ini. Jumlah ini dipastikan akan terus bertambah seiring dengan sosialisasi dan publikasi yang semakin digencarkan oleh Dishub Surabaya," tandas Heri. (rie)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites