Rabu, 04 April 2018

Ratusan Miliar Air Hilang, PDAM Surya Sembada Gagas Meteran Internet



RADARMETROPOLIS: Surabaya - Wacana penggantian meter air pelanggan milik PDAM Surya Sembada dengan Automatic Meter Reading (AMR) yang tersambung dengan internet belum bisa diwujudkan dalam waktu cepat. Ini karena rencana tersebut masih harus menunggu keputusan Walikota Surabaya. Sementara air hilang PDAM saat ini nilainya mencapai ratusan miliar.

"PDAM tinggal menunggu persetujuan Bu Wali untuk penggunaan anggaran pemasangan AMR. Nanti = juga diback-up Aspidsus Kejati," kata Mujiaman.

Gagasan penggantian meter tersebut didasari temuan bahwa jumlah air produksi di PDAM Surya Sembada yang hilang mencapai ratusan milliar pertahun akibat tak berfungsinya meter pencatat rekening pemakaian air di pelanggan.

Pada pantauan 50 orang Manager pelayanan dan operasional PDAM di kawasan industry SIER dan Margomulyo, Senin(2/4/2018) misalnya. Mereka menemukan banyak meter air yang rusak milik pelanggan industri atau primer.

"Di dua kawasan industri itu, PDAM kehilangan air produksi sekitar 53 persen dari total kebocoran air se-Kota Surabaya yang mencapai 33 persen atau Rp 300 milliar," kata Mujiaman.

Selain itu, penggunaan air bagi para pelanggan golongan 4D seperti yang ada di kawasan SIER dan Margomulyo juga menjadi dasar dari ide untuk mengganti meter reading real-time tersebut. “Selama ini tagihan rekening kelompok 4D hanya sebesar Rp 16 milliar. Seharusnya rekening riil sebesar Rp 36 milliar,” tegasnya.

Mujiaman berharap penggunaan air nantinya bisa terpantau secara online melalui jaringan internet apabila meter reading yang terpasang di para pelanggan sudah terkonversi 100 persen menjadi Automatic Meter Reading (AMR). (rie)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites