Rabu, 04 April 2018

Gus Ipul Targetkan Semua TKI Harus Bersertifikat



RADARMETROPOLIS: Surabaya - Saifullah Yusuf (Gus Ipul) menargetkan semua TKI asal Jawa Timur bersertifikat. Ia pun menyoroti masih tingginya angka TKI asal Jawa Timur yang berangkat tanpa izin ke luar negeri. Ke depan, di bawah arahannya Pemprov akan menyiapkan fasilitasnya terhadap para TKI, mulai dari perizinan, pelatihan, hingga TKI tersebut diberangkatkan.

"Memang ada warga Jawa Timur yang bekerja di luar negeri, termasuk yang cukup besar, di Malaysia. Masalahnya, sebagian dari mereka berangkat dengan dokumen yang tidak lengkap," ujar Gus Ipul, di Surabaya, Rabu (4/4/2018).

Sebelumnya media telah memberitakan bahwa dalam tempo satu tahun terakhir masih ada 70 persen Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Jawa Timur bermasalah yang bekerja di luar negeri termasuk dalam kategori non prosedural. Mereka ini masuk ke negara tujuan dengan cara yang tidak sesuai prosedur atau ilegal.

Nantinya, Gus Ipul akan berkoordinasi dengan Asosiasi Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (APJATI) dalam menuntaskan masalah perizinan tenaga kerja ke luar negeri tersebut. Pemerintah nantinya berkomitmen untuk ikut mengawal para TKI melengkapi berkas sesuai undang-undang yang ada.

"Jadi, setiap TKI yang berangkat harus difasiltasi untuk melengkapi syarat-syarat yang diperlukan," lanjut kandidat gubernur Jatim nomor paslon dua itu.

Selain itu, pihaknya juga menyiapkan pelatihan kepada para TKI. Di dalam regulasi yang baru, pemerintah bertanggung jawab untuk memberikan pelatihan kepada para TKI.

Di dalam memberikan pelatihan tersebut, pihaknya juga akan memperkuat Balai Latihan Kerja (BLK) untuk para TKI. BLK akan didorong untuk bekerjasama dengan APJATI dalam memberikan pelatihan dengan standar ketenagakerjaan.

"Pelatihan ini harus memenuhi standar nasional hingga internasional," jelas keponakan Presiden keempat RI, KH Abdurrrahman Wahid (Gusdur) tersebut.

Termasuk kepada petugas-petugas lapangan, pihaknya juga berharap para perekrut TKI untuk bisa memilih calon pekerja yang cukup umur.

"Kemudian mereka didampingi sampai mereka mendapatkan semua persyaratan formal dan ketrampilan yang diperlukan," jelas Gus Ipul.

Mantan Ketua GP Ansor dua periode tersebut mengakui bahwa hal itu memang merupakan salah satu tugas besar bersama. Gus Ipul akan menyelesaian masalah di atas mulai dari hulunya. (sr)

2 komentar:

bagus sekali program gus ipul yang ini. karna TKI tidka akan dipandang sebelah mata lagi

Mantab lah pak ipulll peduli TKI

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites