Kamis, 05 April 2018

Dukung Puti, Warok Minta Reog Tak Diambil Negara Lain



RADARMETROPOLIS: Ponorogo - Calon Wakil Gubernur Jawa Timur Puti Guntur Soekarno mendapat dukungan dari warok Ponorogo. Ia pun diminta untuk melestarikan Reog agar jangan sampai punah dan diambil oleh negara lain. Dukungan ini diterima saat kandidat nomor paslon 2 itu melakukan kampanye di Ponorogo, Rabu (4/4/2018).

Dalam kunjungannya ke kota Warok itu, Puti disambut kesenian Reog. Dalam tiga kali kunjungan di lokasi yang berbeda, tiga kali pula Mbak Puti disambut dengan kesenian reog. Pertama, saat panen durian di Agro Wisata Kampung Durian, Desa Ngrogung, Ngebel. Lalu, ketika panen padi bersama petani di Desa Pondok, Babadan.

Selanjutnya, penyambutan Reog Ponorogo juga dilakukan saat Mbak Pitu menghadiri Rapat Kerja PDI Perjuangan (PDIP) Ponorogo di Desa Carangrejo, Kecamatan Sampung. Di pertemuan ini, seorang tokoh Reog Ponorogo menitipkan mandat pelestarian kesenian tradisional itu kepada Puti Guntur dan Calon Gubernur Saifullah Yusuf (Gus Ipul).

"Seorang warok itu bicara apa adanya. Ceplas-ceplos. Mbak Puti ini perempuan berani, tegas dan mempunyai aura yang kuat menjadi seorang pemimpin. Karena berwibawa dan berani seperti Bung Karno, kakeknya," kata Mbah Purnomo.

Kepada Gus Ipul dan Mbak Puti, Purnomo menitipkan nasib reog Ponorogo. "Reog ini kesenian yang tersebar dimana-mana. Bahkan sampai luar negeri. Sampai-sampai ada negara yang mengaku-aku memiliki kesenian Reog yang asalnya dari Ponorogo," ujarnya.

"Jadi Mbak Puti, tolong kesenian Reog ini dilindungi dan dilestarikan. Jangan sampai punah. Jangan sampai diambil negara lain," minta Purnomo.

Mbak Puti langsung menyanggupi mandat yang diberikan untuk Gus Ipul dan dirinya itu. "Ini tugas kami untuk melindungi, menjaga, dan melestarikan kesenian yang lahir dan hidup di Jawa Timur," tandasnya.

Menurut Cucu Bung Karno itu eksistensi Reog Ponorogo terbilang baik. Di banyak daerah di Jawa Timur, banyak muncul grup-grup reog. "Bahkan sampai ke manca negara pun kenal dan memelihara kesenian reog. Semoga ke depan Reog Ponorogo semakin tumbuh kuat sebagai bagian dari jati diri bangsa," kata Puti.

Di Ponorogo, Puti juga melakukan panen padi bersama petani. Selain itu juga berkunjung ke kantor PD Aisyiyah Ponorogo, silaturahmi ke Kantor PKB, dan membekali calon-calon saksi dari PDIP.

Selesai dari Ponorogo, Puti melanjutkan ke Madiun dan Magetan. Ia dijadwalkan bertemu dengan tokoh-tokoh seniman dan kegiatan ke segmen-segmen masyarakat. (gun)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites