Selasa, 07 November 2017

Kementerian ATR BPN Ditarget Jokowi Selesaikan 16 Juta Sertifikat


RADARMETROPOLIS: Madiun - Kementerian Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) dibebani target oleh Presiden Joko Widodo menyelesaikan enam belas juta sertifikat. Target untuk tahun 2018 sebanyak tujuh juta sertifikat. Dan sisanya, sebanyak sembilan juta sertifikat harus selesai dalam tahun 2019.

"Jika biasanya ATR/BPN hanya mengeluarkan 800 ribu sertifikat seluruh Indonesia per tahun, kali ini mencapai 5 juta sertifikat kami keluarkan," kata Sofyan A. Jalil, Menteri Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN)  kepada wartawan, Selasa (7/11/2017).

Dan setiap tahunnya, pencapaian tersebut terus bertambah. Hal ini karena ATR/BPN memang ditarget dalam penyelesaian sertifikat oleh Presiden Jokowi. Untuk tahun depan targetnya harus mampu menyelesaikan tujuh juta sertifikat. Sedangkan pada 2019 Kementerian ATR/BPN diharuskan mengeluarkan sembilan juta sertifikat.

"Ini dilakukan pemerintah untuk meminimalkan sengketa tanah. Karena beberapa waktu ditemukan banyak kasus sengketa tanah. Baik antar individu, instansi pemerintah maupun swasta," katanya.

Sofyan Jalil pun berpesan, hendaknya penerima sertifikat cuma-cuma bisa menjaganya. Jangan sampai sertifikat tersebut rusak maupun hilang. Ia menyarankan kepada pemilik sertifikat untuk menggandakan dengan cara fotokopi.


"Difotokopi saja. Yang asli ditaruh lemari. Yang fotokopi bisa ditaruh di tempat berbeda. Jika hilang mudah diurusnya, karena ada salinannya," terang Jalil. (gun)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites