Kamis, 15 November 2018

Cegah Kecelakaan di Perlintasan PT KAI Daop 8 Surabaya Akan Rekrut Ratusan Petugas Jaga



RADARMETROPOLIS: Sidoarjo - PT Kereta Api Indonesia Daops 8 Surabaya akan merekrut ratusan petugas jaga di perlintasan yang saat ini belum ada penjaganya. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan di perlintasan kereta api.

Menurut Kepala Humas PT KAI Daops 8 Surabaya Gatot saat melakukan sidak di sejumlah perlintasan kereta api, jumlah perlintasan kereta api tercatat sebanyak 568. Dari jumlah ini hanya 165 yang telah terjaga petugas palang pintu yang menggunakan sistem otomatis. Sedangkan sisanya tidak terjaga oleh petugas.

Tahun 2017 yang lalu angka kecelakaan di perlintasan kereta api sebanyak 75 kasus. Jumlah itu menurun jika dibandingakan kecelakaan di tahun 2018 yang berjumlah 46 kasus. Angka kecelakaan di perlintasan sering terjadi karena tidak adanya petugas jaga.

“Untuk menekan angka kecelakaan di perlintasan, kami mempunyai program mengisi petugas jaga di perlintasan. Sedangkan yang tidak sesuai teknis, Dirjen Perhubungan Perkeretaapian akan menutupnya,” kata Gatot.

Anggota DPR RI Komisi V, Bambang Haryo Sukanto, minta kepada PT KAI untuk membuat sejumlah program terkait keselamatan masyarakat saat melintasi perlintasan. Program tersebut diharapkan mampu menekan angka kecelakaan yang diakibatkan karena masyarakat tidak mengetahui tentang jadwal kereta api yang sedang melintas. (rie)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites