Sabtu, 24 November 2018

KPU Sumenep Data Orang Gila Masuk DPT Pemilu 2019


RADARMETROPOLIS: Sumenep - Menindaklanjuti surat edaran yang dikeluarkan oleh KPU RI, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumenep mulai melakukan pendataan terhadap orang gila untuk dimasukkan dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2009.

"KPU RI sudah menerbitkan SE yang menginstruksikan kepada seluruh KPU Kabupaten untuk melakukan pendataan pada orang yang memiliki gangguan jiwa," kata Ketua KPU Sumenep, A. Warits, Sabtu (24/11/2018).

Surat Edaran KPU RI tersebut merupakan tindak lanjut rekomendasi Bawaslu RI agar KPU mendata orang gila. Pendataan ini dilakukan hingga 30 November 2018

"Tetapi dalam PKPU No. 11 tahun 2018 tentang Penyusunan Daftar Pemilih di Dalam Negeri disebutkan bahwa pemilih yang dapat menggunakan hak pilihnya adalah orang yang sedang tidak terganggu jiwa atau ingatannya. Dengan demikian, para pengidap gangguan kejiwaan sudah jelas tidak boleh memilih," kata Warits.

Dalam PKPU RI No. 11 tahun 2018 pasal 4 ayat (3) disebutkan bahwa pemilih yang sedang terganggu jiwa/ingatannya sehingga tidak memenuhi syarat sebagai pemilih, harus dibuktikan dengan surat keterangan dokter.

" Meski masyarakat mengatakan kalau orang itu gila, tetapi kalau tidak ada surat keterangan dari dokter jiwa, maka dia tetap mempunyai hak pilih," ujarnya.

Jumlah DPT Pemilu 2019 di Sumenep berdasarkan DPT hasil perbaikan kedua (DPTHP-2) sebanyak 873.273. Jumlah tersebut mengalami peningkatan dari jumlah DPTHP-1 sebanyak 867.363 orang. (ltr)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites