Sabtu, 17 November 2018

Kasal: Sea Power Akan Jaga Kelangsungan Masa Depan Indonesia



RADARMETROPOLIS: Surabaya - Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, SE, MM mengatakan bahwa sumber daya laut sebagai sumber masa depan Indonesia harus diberdayakan dengan pembangunan maritim dengan konsep sea power.

Yaitu kemampuan negara dalam melindungi kepentingan politik, ekonomi, dan militer melalui pengendalian laut. Karena arti penting laut adalah sebagai pemersatu bangsa, media perhubungan serta media pertahanan dan keamanan.

Pandangan tersebut disampaikan Kasal dalam kuliah umum di Universitas Hang Tuah Surabaya yang mengambil tema “Laut Masa Depan Bangsa Indonesia”, bertempat di Gedung Pulau Benggala Graha Samudra Ganesha, Universitas Hang Tuah, Surabaya, Jumat (16/11/2018).

Kuliah umum Kasal tersebut diawali dengan memaparkan bahwa generasi muda pada saat ini kurang memperhatikan perkembangan materi geografi secara detail, sehingga perlu dijelaskan kembali tentang arti dari geografis Indonesia yang pada dasarnya mengandung banyak Sumber Daya Alam (SDA) yang terabaikan.

“Perguruan Tinggi di dalamnya berisi generasi muda sebagai agent of change. Jadi intinya, mahasiswa disini juga memiliki peran yang sangat penting untuk suatu perubahan dalam upaya peningkatan kemampuan pertahanan dan keamanan maritim yang merupakan indikasi dan modal kemandirian bangsa,” kata Kasal.

Kuliah umum yang diikuti oleh 900 mahasiswa dari Universitas Hang Tuah, STTAL, Kodiklat, dan AAL serta Stikes Surabaya itu mengambil topik “Peran Generasi Muda Maritim sebagai Agen Perubahan Negara Maritim yang Kuat”. Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan sambutan Rektor Universitas Hang Tuah Surabaya (UHT) Dr. Ir. Sudirman, SIP, SE, MAP.
                           
Menurut Sudirman, tujuan diselenggarakannya kuliah pakar tersebut adalah dalam rangka meningkatkan pendidikan, penelitian, dan kualitas sumber daya manusia serta pengembangan ilmu pengetahuan berbasis kemaritiman.

Selain itu kegiatan kuliah umum dari Kasal itu juga merupakan suatu kehormatan bagi civitas akademika UHT untuk lebih memantapkan pemahaman dan menambah pengetahuan sebagai bekal dalam menunjang kegiatan perkuliahan. (rcr)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites