Jumat, 09 November 2018

Longsor, Polisi Tutup Total Jalur Ponorogo Trenggalek



RADARMETROPOLIS: Ponorogo - Di area KM 16 Jalan Ponorogo-Trenggalek, sekitar Nglinggis, Kecamatan Tugu, Trenggalek, Jumat (9/11/2018) pagi terjadi longsor. Untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan menutup total Jalur Ponorogo-Trenggalek.

"Ya, dari beberapa hari lalu ada hujan dan kemarin memang deras. Malam sampai dinihari tadi akhirnya ada longsor di jalur Nglinggis itu, dan akhirnya dari sini kita tutup," ungkap Kapolsek Sawoo, AKP Edi Suyono, Jumat pagi.

Setelah melakukan koordinasi dengan Polsek Tugu, Polsek Sawoo pun memasang tanda penutup jalan di jalur menuju perbatasan yang juga mengarah ke lokasi longsor. Longsor sendiri terjadi di tebing yang merupakan bagian jalan yang saat ini sedang dalam pembangunan. Terdapat pekerjaan pengecoran di sekitar lokasi untuk membuat jalan semakin kokoh.

Edi Suyono lebih lanjut menginformasikan bahwa pagi ini kabarnya personel dari Trenggalek akan turun untuk melakukan pembersihan.

“Kalau kami di sini hanya berjaga, agar pelintas tidak menuju ke sana atau memutar saja," katanya.

AKP Edi tidak menyarankan untuk melintasi jalan alternatif di sekitar lokasi longsor. "Alasannya ya jalan itu licin. Khawatir malah celaka. Lebih baik memutar saja kalau memang mau ke Trenggalek atau daerah lain yang sejalur. Lewat Madiun misalnya," ujarnya.

Wilayah tersebut merupakan perbukitan yang akhir-akhir ini rawan longsor. Beberapa kali hujan yang mengguyur wilayah tersebut dan mengakibatkan titik longsor beberapa kali kembali runtuh.

"Padahal jalur tersebut sebenarnya adalah jalan yang sedang diperlebar. Bagian atasnya itu yang berguguran kalau ada hujan. Batu dan tanah menggelinding. Akhirnya tidak bisa dilewati. Nggak tahu sampai kapan penutupan ini. Begitu bersih ya dibuka lagi," ungkapnya.

Jalur Ponorogo-Trenggalek ini merupakan salah satu jalur penting karena mempersingkat perjalanan cukup signifikan di kedua wilayah daripada memutar melalui Madiun atau Pacitan. (gun)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites