Kamis, 29 November 2018

Nilai Berkualitas Hebat, Gubernur Optimis STM Mini Bisa Tekan Pengangguran di Jatim


RADARMETROPOLIS: Surabaya - SMK mini diyakini bisa menekan pengangguran di Jawa Timur. Optimisme Gubernur Jatim Soekarwo itu dikarenakan kualitas SDM SMK mini disatukan antara ilmu pengetahuan, keterampilan serta menjalin kerjasama dengan pihak ketiga untuk standarisasi.

Pada tahun 2017 tercatat bahwa pengangguran lulusan SD sederajat mencapai 37 persen. Hal ini menunjukkan adanya penurunan dibandingkan pada tahun 2006 yang mencapai 67 persen.

"SMK mini yang sejatinya ada di dalam pesantren di Jatim menekankan pada produktivitas SDM dan hasil produksi. Jika tidak begitu, maka akan kalah dengan SMK formal," kata Soekarwo.

Ada sebanyak 264 SMK mini di Jatim. Tetapi saat ini turun menjadi 240. Penurunan disebabkan kurangnya kreativitas sekolah sehingga keberadaannya tidak bisa diselamatkan.

Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur, Saiful Rachman, menyatakan piohaknya tetap membuka peluang bagi pondok pesantren yang ingin membuka SMK mini, dengan batas maksimal 270 SMK. “Syaratnya, mampu bersaing dan produktivitas kerja dijaga," katanya. (sr)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites