Senin, 12 November 2018

Pemkot Jadikan Kawasan Rumah Tua Surabaya Utara Destinasi Wisata



RADARMETROPOLIS: Surabaya - Pemerintah Kota Surabaya bersama empat perusahaan cat mempercantik kawasan bangunan tua di Surabaya Utara yang memiliki nilai sejarah dan seni yang tinggi, agar menjadi destinasi wisata, baik untuk warga Surabaya maupun luar Surabaya. Untuk itu kawasan tersebut akan dijadikan sebagai kawasan cagar budaya.

Demikian disampaikan Walikota Surabaya, Tri Rismaharini, usai melakukan simbolisasi pengecatan Sabtu (10/11/2018) bersama empat perusahaan cat.

"Kalau tempatnya bagus, orang dari luar Surabaya datang, lalu sekalian belanja disini," ujarnya.

Kawasan tersebut ia akui sangat indah dari segi bangunannya dan masih banyak ornamen-ornamen yang asli untuk kemudian dipercantik melalui sentuhan cat yang unik dan berwarna-warni. "Kalau warnanya biasa saja orang tidak terlalu perhatikan, tapi begitu warnanya berubah orang akan tertarik," jelas Risma.

Untuk itu Risma memberi masukan kepada salah satu perusahaan perwakilan cat agar memberi sentuhan warna yang terang pada bangunan di seberang jalan bagian atas "Pak, itu jendelanya dicat orange, lalu framenya dicat hijau. Pasti bagus," ungkapnya.

Kawasan-kawasan kota lama dipilih Risma karena dinilai memiliki potensi wisata yang apik dan baru bagi warga Surabaya. "Selain itu, kawasan ini menjadi lebih hidup utamanya di malam hari," jelasnya. 

Risma pun berharap, kawasan Surabaya Utara akan menjadi tempat wisata yang terawat dengan baik serta meningkatkan perekonomian warga.

Sebagai awalan ditandainya pembenahan kawasan kota lama, rumah Abu Han yang terletak di Jalan Karet No. 72 akan direvitalisasi. Kemudian, dilanjutkan ke beberapa titik, antara lain rumah di Jalan Panggung No. 19, rumah belakang ruko Jalan Karet No. 63 (bantaran Sungai Kalimas) dan Toko Yanmar (eks rumah Kadin) Jalan Kembang Jepun. (rie)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites