Rabu, 27 Maret 2019

Bupati Banyuwangi: DNA Inovasi Ada pada Diri Pak Jokowi


RADARMETROPOLIS: Banyuwangi – Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, mengungkapkan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) selama ini mendukung penuh semua daerah yang giat melakukan inovasi. Bahkan, Bupati Banyuwangi itu menyebut bahwa DNA inovasi ada pada diri Capres Petahanan tersebut.

 “Seperti biasa, Pak Jokowi selalu menekankan soal inovasi daerah. Dan beliau mendukung penuh semua daerah yang giat berinovasi, baik dalam hal pengembangan ekonomi, sosial, seni-budaya maupun pelayanan publik. Memang DNA inovasi ada pada diri Pak Jokowi, sehingga beliau senang bila ada daerah terus berinovasi,” kata Anas di Banyuwangi, Selasa (26/3/2019).

Pemaparan di atas menjawab pertanyaan wartawan yang menanyakan obrolan ketika menyambut kedatangan Capres 01 tersebut di Bandara Banyuwangi bersama Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansah. Jokowi berkunjung ke Banyuwangi, Senin (25/3/2019).

Lebih lanjut Anas mengungkapkan bahwa dalam momen itu Jokowi juga mengapresiasi inisiatif Banyuwangi yang didukung pemerintah provinsi dan pusat dalam mengembangkan bandara.

Anas selanjutnya menceritakan bagaimana proses pengembangan terminal hijau bandara tersebut yang memang sengaja didesain unik untuk mendukung Banyuwangi sebagai destinasi wisata. Di terminal bandara tersebut, penggunaan AC nyaris tidak ada, namun suasana tetap sejuk karena penataan sirkulasi udara dan aliran air di kolam yang mengelilingi nyaris seluruh ruang bandara.

Saat kunjungan ke Banyuwangi itu, Jokowi dan Ibu Negara Iriana ketika tiba di bandara langsung mengelilingi terminal hijau pertama di Indonesia yang didesain arsitek kondang Andra Matin tersebut.

“Pak Jokowi mengapresiasi pengembangan Bandara Banyuwangi, termasuk gaya terminal hijaunya. Dan saya juga sampaikan terima kasih ya karena pemerintah pusat sangat total mengembangkan Bandara Banyuwangi, baik lewat skema APBN dan mulai tahun lalu lewat BUMN. Kalau ditotal sudah ratusan miliar dana dari pusat untuk Bandara Banyuwangi, yang memudahkan akses bukan hanya ke Banyuwangi, tapi juga Situbondo, Bondowoso, dan bahkan Pulau Bali bagian barat,” papar Anas.

Jokowi dan Iriana bersama Khofifah dan Anas saat mengelilingi bandara terlihat menyusuri lorong-lorong di terminal hijau Bandara Banyuwangi. Jokowi tampak serius mencermati interior bandara yang sebagian digarap dengan kayu-kayu bekas. Jokowi juga mencoba duduk di kursi-kursi hasil produksi industri furnitur Banyuwangi yang menghiasi terminal tersebut.

Jokowi disambut oleh aksi para seniman kuntulan khas Banyuwangi saat tiba di pintu luar terminal bandara. Jokowi pun menyambut para seniman muda tersebut dengan menyalami mreka serta berdialog sejenak dan berfoto bersama.

Menyadari terlibat dalam acara kampanye Capres Petahana tersebut, Khofifah dan Anas menyatakan sudah mengajukan cuti kerja sehari. (nis)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites