Senin, 18 Maret 2019

Senkom Jatim Siap Bantu Cegah Kerusuhan dan Perangi Hoaks di Pemilu 2019


RADARMETROPOLIS: Surabaya – Senkom Jatim menyatakan kesiapannya menjalankan amanat dari Polda Jatim dan Polri. Polda Jatim meminta Senkom untuk membantu pengamanan pelaksanaan Pemilu 2019 yang salah satunya adalah mencegah potensi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas). Selain itu dalam konteks Pemilu 2019, Senkom juga diajak Polri untuk memerangi hoaks.

Kesiapan tersebut disampaikan oleh Sarjono, salah satu Ketua Senkom Jatim. Saat ini Senkom Mitra Polri Provinsi Jawa Timur sedang menggelar Rapat Kerja (Raker) Provinsi di Gedung Mahameru Polda Jawa Timur. Acara ini diikuti 250 peserta dari 38 kabupaten/kota se-Jatim. Acara ini sekaligus seremoni pengukuhan pengurus periode 2018-2023, yang ditetapkan dalam Musyawarah Provinsi (Musprov) Senkom Mitra Polri Jatim beberapa bulan yang lalu.

“Dengan dikukuhkan, kami ingin membangun kesadaran moral dan tanggung jawab pengurus untuk berkomitmen dan menyukseskan program kerja Senkom,” kata Sarjono.

Sarjono menambahkan Senkom Jatim menjadi mitra Polda untuk menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas, “Anggota Senkom di seluruh Jawa Timur menjadi contoh tertib berlalu-lintas sekaligus menyosialisasikan tertib berlalu-lintas,” ujar Sarjono.

Kapolda Irjen Pol Luki Hermawan, dalam sambutannya yang dibacakan Wakapolda Jatim, Brigjen Pol Toni Harmanto, mengatakan bahwa dengan anggota mencapai 10.000 orang di 38 kabupaten/kota Jawa Timur, Senkom menjadi mitra strategis Polda Jatim..

“Kami mengucapkan terima kasih. Selama ini Senkom banyak membantu kegiatan Polri. Yang terbaru, Senkom aktif dalam kampanye Millennial Road Safety Festival,” ujar Toni. Festival yang dipusatkan di Jembatan Suramadu itu diikuti 100.000-an millennial.

“Kami berharap komunikasi dengan Senkom Jatim terus berjalan dengan baik, terutama dalam Pileg dan Pilpres,” ujar Toni. Kerja sama Senkom dan Polda Jatim sudah tercipta sejak 2007. Kerjasama ini dilakukan atas dasar telegram dari Kapolri, agar setiap Polda hingga jajaran di bawahnya bekerja sama dengan Senkom. Kerja sama ini meliputi pencegahan potensi gangguan terhadap Kamtibmas.

Senkom Mitra Polri Jatim merupakan organisasi independen tidak di bawah parpol dan ormas, bertugas menyampaikan informasi dan memantau Kamtibmas. Termasuk memantau penyalahgunaan narkoba di tengah-tengah masyarakat, dengan demikian Polri sangat terbantu dengan keberadaan Senkom.

Sementara itu Pembina Pengurus Pusat (PP) Senkom Mitra Polri, Irjen Pol (Purn) Srijono mengingatkan, organisasi menjadi hebat, karena organisasi dan pengurusnya memiliki karakter yang hebat.

Karakter yang hebat dibangun dari pikiran yang baik, “Pikiran baik menghasilkan perbuatan baik. Kebiasaan berbuat baik menghasilkan karakter yang baik,” ujar Srijono. Sementara kreativitas, SDM, dan berbagai hal lainnya hanyalah sarana pendukung.

Untuk itu Senkom Jatim dengan karakter yang baik, harus menjadi organisasi pemenang. Pasalnya, Senkom Jatim memiliki karakter yang baik.

Dalam kesempatan itu, Senkom Jatim juga memberikan pembekalan terhadap peserta dengan materi manajemen penanggulangan bencana dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jatim; penanganan kecelakaan lalu lintas dari Ditlantas Polda Jatim; pembinaan ormas dalam pam swakarsa dari Ditbinmas Polda Jatim; dan antisipasi gangguan Kamtibmas menjelang Pemilu 2019 dari Ditintelkam. (rcr)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites