Jumat, 29 Maret 2019

Untuk Jaga dan Ciptakan Kondusivitas Nasional, Marinir dan Brimob Gelar Apel Bersama


RADARMETROPOLIS: Surabaya - Korps Marinir TNI AL dan Korps Brimob Polri menggelar apel bersama di Bhumi Marinir Karangpilang Surabaya, Kamis (28/3/2019). Diadakannya kegiatan ini dimaksudkan sebagai sarana untuk membangun semangat kebersamaan selaku aparatur negara dengan peran dan fungsi yang berkaitan dalam upaya menjaga dan menciptakan stabilitas keamanan dan pertahanan nasional agar tetap kondusif.

Kegiatan apel bersama tersebut dipimpin oleh Dankor Brimob, Irjen Ilham Salahudin, dan Dankormar Mayjen TNI (Mar) Suhartono, M. Tr (Han) yang di wakili oleh Kaskormar Brigjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto. Kegiatan apel bersama ini diikuti oleh 2 SSY Korps Marinir, 1 SSY Korps Brimob, 1 SST Pasus Korps Marinir, dan 1 SST Gegana Polri.

Dankor Brimob, Irjen Ilham Salahudin, mengatakan bahwa komposisi dari sinergitas adalah terjalinnya komunikasi yang baik, bertukarnya informasi, dan terciptanya kolaborasi.

“Kalau kita sudah bersinergi dalam hal apapun, maka tidak ada persoalan yang sulit. Ketika saya memasuki Kesatrian Korps Marinir, satu hal yang terkesan adalah bergembira di daerah tempur, salah satu dari moto Korps Marinir,” katanya.

Lebih lanjut dikatakan bahwa Marinir sebagai pasukan pendarat, telah menorehkan sejarah bahwa di seluruh yurisdiksi nasional, Korps Komando Operasi Angkatan Laut (KKO AL) yang sekarang bernama Korps Marinir bukanlah Korps yang hanya menjadi pelengkap di republik ini. Tetapi mempunyai peran dalam mengawal NKRI, disamping itu bermitra, bersinergi dengan Mobile Brigade yang saat ini bernama Korps Brimob.

“Dan saya, sebagai generasi penerus Korps Brimob, wajib dan berkepentingan menyampaikan kepada saudara-saudara sekalian di kota Pahlawan ini,” tandas Ilham Salahudin.

Sedangkan Dankormar Mayjen TNI (Mar) Suhartono, M. Tr (Han) dalam amanatnya yang dibacakan oleh Kaskormar Brigjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto, mengatakan bahwa apel bersama yang mereka gelar dimaksudkan sebagai sarana untuk menjalin silaturahmi antara Korps Marinir TNI AL dan Korps Brimob Polri.

Yakni, untuk membangun semangat kebersamaan selaku aparatur negara, yang memiliki peran dan tugas yang saling berkaitan dalam upaya menjaga dan menciptakan stabilitas keamanan dan pertahanan nasional agar tetap kondusif.

Perlu dipahami bahwa sebagai anggota Korps Marinir maupun Korps Brimob pasti memiliki kebanggaan Esprit De Corps masing-masing. Namun, hal itu jangan dijabarkan secara sempit dan tidak mau menerima semangat kebersamaan.

 “Kita harus melihat kepentingan yang lebih besar, sehingga kita tidak terjebak pada ego sektoral. Rasa bangga dan jiwa korsa yang kita miliki harus diarahkan kepada hal-hal yang bersifat positif, tidak mudah dipengaruhi dan dirusak oleh oknum maupun pihak-pihak lain yang sengaja berupaya membenturkan demi mencapai kepentingannya,” urainya.

Turut hadir pada kesempatan tersebut, Danpasmar 2 Brigjen TNI (Mar) Ipung Purwadi, MM, Wadan Pasmar 2 Kolonel Marinir Herry Djuhaeri, MM, Dankolatmar Kolonel Marinir Suliono, Danlanmar Surabaya Kolonel Marinir Mauriyadi, Dansat Brimob Polda Jatim Kombes I Ketut Gede Wijatmika, SIK, para Asisten Danpasmar 2, dan para Dankolak/Satlak Pasmar 2. (rcr)

0 comments:

Posting Komentar