Rabu, 13 Maret 2019

KPU Jatim Hanya Coret 15 WNA dari DPT


RADARMETROPOLIS: Surabaya - KPU Jawa Timur mencoret 15 orang WNA dari 16 nama yang terdaftar dalam DPT hasil temuan KPU RI dan Kemendagri. Ini karena saat diverifikasi kepada pihak yang bersangkutan, satu dari 16 orang tersebut ternyata sudah berstatus WNI.

DPT WNA tersebut berasal dari 9 daerah di Jawa Timur, diantaranya Kediri, Gresik, Pacitan, Batu, dan 5 daerah lainnya.

Komisioner Divisi Data dan Informasi KPU Jawa Timur, Nurul Amaliyah, Senin (12/03/2019) menyatakan pihaknya kembali mendapati laporan dari Bawaslu terkait penemuan 26 WNA yang terdaftar dalam DPT. Beberapa diantara 26 data tersebut sudah termasuk dalam 16 data WNA hasil temuan KPU RI.

Namun demikian keakuraatan data temuan 26 DPT WNA tersebut belum diketahui secara pasti. “Karena, kami masih dalam proses verifikasi," kata Nurul.

Beberapa diantara 26 orang WNA tersebut diketahui tercatat dalam WNA, namun tidak terdaftar DPT, dan ada pula yang sudah berstatus WNI.

Hingga kini, masing-masing KPU kabupaten dan kota tengah melakukan verifikasi atas temuan tersebut. Verifikasi berupa kroscek data ke Dispendukcapil Kabupaten/Kota selaku pemilik data WNA ber KTP elektronik serta survei langsung kepada WNA yang bersangkutan. (ar)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites