Kamis, 30 Mei 2019

Lepas Penumpang Mudik Balik Gratis Tujuan Masalembu, Khofifah Ingin Masyarakat Terlayani Baik



RADARMETROPOLIS: Surabaya – Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa melepas penumpang mudik dan balik gratis jalur laut tujuan Kecamatan Masalembu, Kabupaten Sumenep, Rabu (29/5/2019) di Gapura Surya Nusantara, Surabaya. Gubernur perempuan pertama di Jatim itu lebih jauh berharap semua masyarakat terlayani dengan baik.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Pemprov Jatim itu, pada tahun ini memberangkatkan 460 penumpang. Kapal yang digunakan untuk memberangkatkan pemudik ke Masalembu adalah Kapal Dharma Kartika III.

Khusus untuk mudik balik gratis jalur kapal laut akan disiapkan enam rute. Keenam rute tersebut diantaranya Surabaya-Masalembu (PP) sebanyak 4 voyage, Tanjung Wangi-Sapeken 4 voyage, Gresik-Bawean PP sebanyak 4 voyage, dan Kalianget-Kangean sebanyak 5 voyage.

Selain jalur laut, Pemprov Jatim juga menyiapkan jalur darat dengan armada bus dan kereta api.

Gubernur Khofifah lebih lanjut menyatakan bahwa puncak mudik lebaran tahun ini diprediksi terjadi pada 2 Juni 2019.

Program mudik gratis di Jatim pada tahun ini mencapai sekitar 295.000 penumpang. Namun, jumlah tersebut dipastikan bertambah seiring dengan banyaknya instansi dan lembaga yang mengadakan program mudik gratis bagi masyarakat Jatim sejak H-9.

Untuk memudahkan para pemudik kembali ke daerah asal, Dinas Perhubungan (Dishub) Jatim bersama Pelindo dan instansi terkait mempunyai pola pengaturan penumpang yang menggunakan transportasi laut. Penumpang yang turun dari kapal laut bisa difasilitasi ke Terminal Bungurasih, Nganjuk, dan Madiun. Hal ini mendapat apresiasi dari Khofifah.

“Pola komunikasi seperti ini yang saya apresiasi antara pengusaha dan penyedia transportasi, khususnya dalam meningkatkan layanan transportasi, bisa terlaksana. Mudah mudahan kondisi ini akan terus membaik dan kami ingin semua masyarakat terlayani dengan baik,” puji Gubernur perempuan pertama di Jatim itu.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan Jatim, Fattah Jasin, menjelaskan bahwa dalam rangka menambah armada kapal untuk mengakomodir lonjakan penumpang pada masa angkutan lebaran, Pemprov Jatim melalui Dinas Perhubungan melaksanakan kegiatan mudik dan balik gratis kepulauan sebanyak enam rute.

“Kemarin, kami telah melaksanakan pemberangkatan perdana mudik gratis kepulauan tahun 2019 rute Surabaya-Masalembu. Perjalanan diprediksi akan ditempuh selama 15 jam. Semoga seluruh penumpang diberi kelancaran dan selamat sampai tujuan berkumpul dengan sanak saudara,” ujar Fattah Jasin. (sr)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites