Kamis, 15 Februari 2018

17 WBP Konghucu Diusulkan Mendapat Remisi Imlek


RADARMETROPOLIS: Jakarta - Sebanyak 17 orang Warga Binaan Pemasyarakatan beragama Konghucu diusulkan mendapatkan remisi atau pengurangan masa pidana oleh Direktorat Jenderal Pemasyarakatan pada Hari Raya Imlek yang jatuh pada 16 Februari 2018.

Pelaksana harian Ditjen PAS, Sri Puguh Budi Utami, Kamis (15/2/2018) mengungkapkan bahwa 17 WBP yang diusukan mendapatkan remisi berasal dari beberapa Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) di Indonesia.

Rinciannya adalah sebanyak 5 orang dari Kantor Wilayah Kemenkuham Kalimantan Barat, Kantor Wilayah Kalimantan Timur sebanyak 3 orang, Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta dan Bangka Belitung masing-masing sebanyak 2 orang. Sedangkan untuk sisanya masing-masing sebanyak 1 orang, terdiri atas Kanwi Kemenkumham Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Bali.

Lebih lanjut Sri Puguh menjelaskan bahwa dari total sebanyak 17 orang WBP, sebanyak 13 orang WBP mendapatkan remisi sebanyak 1 bulan, lalu 3 orang mendapatkan remisi 15 hari, kemudian untuk 1 orang mendapatkan remisi 1 bulan 15 hari.

“Saat ini dari data yang ada pada Ditjen PAS, dari sebanyak 235.114 orang napi maupun tahanan terdapat 60 orang WBP yang beragama Konghucu,” kata Sri.

Sementara itu Direktur Pembinaan Narapidana dan Latihan Kerja Produksi Ditjen PAS Harun Sulianto menjelaskan, para WBP yang diusulkan mendapatkan remisi telah menjalani pidana paling sedikit 6 bulan, berkelakuan baik, dan menjadi saksi pelaku yang bekerja sama atau menjadi JC Justice Calbolator atau saksi pelaku yang bekerjasama dengan penegak hukum.

"Untuk tindak pidana korupsi dan narkotika yang dihukum 5 tahun atau lebih," tuturnya.

Harun menambahkan bahwa remisi imlek tersebut khusus yang diberikan kepada WBP setiap peringatan hari besar keagamaan. Seperti bagi WBP beragama Islam saat Idul Fitri, WBP beragama Kristen dan Katolik saat Natal, bagi WBP beragama Hindu saat Nyepi, Waisak untuk WBP beragama Budha.


"Imlek juga diberikan remisi untuk WBP beragama Konghucu," terangnya. (rez)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites