Selasa, 20 Februari 2018

Pastikan Bantuan Satu Triliun untuk Madura Dilaksanakan, Gus Ipul Ngantor di Madura dan Angkat Kiai Jadi Penasihat


RADARMETROPOLIS: Sampang - Untuk mengawal program bantuan Satu Triliun untuk Madura berjalan dengan baik, Calon Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul) ingin mengangkat para kiai sebagai penasihat politik dan pemerintahannya. Hal ini ini disampaikan saat calon petahana itu kembali menegaskan keinginannya untuk berkantor secara berkala di Madura.

Dinyatakan lebih lanjut oleh Gus Ipul, bahwa komitmen untuk berkantor di Madura tersebut dilatarbelakangi keinginan untuk memastikan program Satria Madura (Satu Triliun untuk Madura) dilaksanakan sesuai dengan tujuan.

Selain itu niat berkantor di Madura tersebut juga dikarenakan bahwasannya paslon Gus Ipul-Puti  ingin memastikan kesejahteraan yang dicapai bisa dirasakan oleh seluruh masyarakat di pulau garam tersebut.

"Dengan berkantor di Madura secara berkala, saya dan Mbak Puti ingin memastikan pelaksanaan Satria Madura sesuai tujuan, dan kesejahteraan di pulau ini makin bisa dirasakan masyarakat," ujar Gus Ipul di Ponpes Raudlatul Ulum Arrahmaniyah (RUA) Pramian, Sampang, Senin (19/2/2018).

Gus Ipul lalu menegaskan bahwa dengan program berkantor secara berkala di Madura tersebut, maka  masyarakat Madura pun bisa cepat merasakan manfaat dari program Satri Madura.

Cagub yang berpengalaman menjadi wakil gubernur Jatim dua periode itu, lebih lanjut mengungkapkan bahwa APBD Jatim selama periodenya telah mengalokasikan anggaran untuk Madura di berbagai bidang.

"Tahun 2017 dialokasikan sekitar Rp 1,7 triliun. Kalau ditambah Rp 1 triliun, ke depan menjadi Rp 2,7 triliun," kata Gus Ipul.

Ia menambahkan, bahwa tambahan Rp 1 triliun itu dipakai khusus untuk tiga fokus kebijakan. Yaitu, pembangunan infrastruktur dasar, yang meliputi sanitasi, rumah layak, dan suplai air bersih; peningkatan sumber daya manusia atau SDM; dan peningkatan ekonomi keluarga.

Gus Ipul menginginkan akselerasi pembangunan di Pulau Madura yang mencakup empat kabupaten ini bisa dilaksanakan secara lebih cepat lagi. Karena, angka kemiskinan masih tinggi. Indeks pembangunan manusia juga masih rendah. Keterbelakangan masih banyak ditemukan di Madura.

Sebagai kader NU dan santri yang berkecimpung di pemerintahan, Gus Ipul menginginkan Madura lebih cepat lagi tumbuh, dan makin maju.

“Karena itu, dibutuhkan perhatian khusus, termasuk berkantor secara berkala di Madura," kata keponakan Gus Dur tersebut.

Untuk memperkuat kinerja berkantor di Madura, Gus Ipul berencana untuk menempatkan beberapa kiai di Madura sebagai penasihat pemerintahan.

"Di Madura, peran kiai sangat besar. Karena itu, di Madura, saya selalu sowan, bersilaturrahmi, memohon doa dan restu. Dengan menempatkan kiai menjadi penasihat, semoga upaya mempercepat kemajuan Madura bisa terwujud," tegas Ketua PBNU itu.

Tentang teknis berkantor di Madura, mantan Menteri Percepatan Desa Tertinggal itu menyebut bahwa Kantor Bakorwil Madura milik Pemprov Jawa Timur di Pamekasan bisa dimanfaatkan. Bisa pula berkantor di pondok pesantren.

"Kalau di pondok pesantren, otomatis semua tamu, nanti akan diterima disitu," jelas Gus Ipul.

Dengan berkantor di pesantren, ia berharap dimulainya tradisi baru, dimana Gubernur Jawa Timur menjadi lebih dekat dengan rakyat dan lapangan.

Sementara itu, tambahan anggaran Rp 1 triliun untuk Madura tersebut mendapat dukungan Pengasuh Pondok Pesantren Miftahul Ulum Al-Islamy dan KH Muhammad Ilyas Khotib. Juga dukungan dari pengasuh Pondok Pesantren RUA Pramian, KH Chalili Mas'ud, dan putranya, KH Fahmi Ali Mukafi.

Sehubungan dengan program Satria Madura itu Kiai Ilyas mengusulkan perbaikan jalan di kawasan selatan Madura serta penciptaan kesempatan kerja. Kemudian juga mengusulkan pembangunan sarana sosial seperti tempat olah raga, karena di Bangkalan masih minim.


"Di sini, jangankan desa. Bahkan untuk kecamatan, tidak semua memiliki lapangan. Untuk upacara maupun peringatan 17 Agustus, menumpang di pesantren," jelasnya. (ltr)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites